Perjalanan Developer IoT: Dari Prototipe ke Produk

Perjalanan Developer IoT: Dari Prototipe ke Produk

Intel Galileo - head

Internet of Things (IoT) telah membuat nyata imajinasi kita. Apa yang dimulai dari konsep sederhana yaitu mengkoneksikan barang-barang sehari-hari ke internet sehingga mereka dapat menerima dan mengirim data telah berkembang menjadi dunia yang lebih besar lagi.

Contohnya adalah termostat yang dapat memprogram dirinya sendiri, sistem perkebunan yang memonitor kondisi lingkungan sekitar, hingga lampu lalu lintas yang dapat beradaptasi sesuai dengan pola lalu lintas yang berubah-ubah.

Inovasi seperti ini ada di mana-mana. Dan, dengan 50 miliar perangkat pintar yang diprediksi akan ada pada tahun 2020 nanti, semua lini industri dapat diperebutkan dengan IoT.

Sekarang adalah waktu yang paling pas untuk menjadi developer IoT. Peralatan yang canggih, protokol standar, dan kebutuhan modal yang semakin kecil telah berkontribusi ke sebuah ekosistem IoT yang penuh dengan potensi. Lebih penting lagi, ada rasa kebersamaan. Sebuah pemahaman di mana kita semua ada di dunia IoT ini bersama-sama.

Namun begitu, developer tetap datang dari berbagai kalangan. Beberapa bekerja di perusahaan besar, lainnya di startup yang terdiri dari dua orang. Beberapa telah mengotak atik selama bertahun-tahun, lainnya mungkin baru pertama kali mendatangi acara semacam Maker Faire. Mengesampingkan di mana posisi kamu berada saat ini sebagai developer IoT, ada jalan yang perlu ditelusuri.

Pada seri artikel ini, kita akan melihat secara detail tentang empat tahap perjalanan developer IoT dan memberikan contoh tentang bagaimana developer IoT berjuang dan sukses. Tahap-tahap tersebut adalah:

Belajar & Eksperimen: Sebelum membuat, ada bagusnya untuk melakukan penilaian diri terlebih dahulu. Bagi mereka yang baru saja memulai IoT, ini adalah waktu untuk menemukan bagaimana kemampuan perangkat lunak kamu yang ada dapat digunakan dengan tepat di proyek baru. Sementara itu bagi yang sudah lebih berpengalaman dapat melihat ini sebagai kesempatan untuk mendalami lebih jauh tentang platform Intel.

Desain & Perencanaan: Langit adalah batasannya. Konsep awal didiskusikan dan didebatkan, disketsakan dan dibuang, sehingga developer dapat mengecek ide mereka dengan insting untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Eksekusi & Pembuatan: Ini adalah momen magis di mana konsep awal sekarang telah dikeluarkan dan dibentukkan serta berubah menjadi prototipe yang berfungsi. Ini waktunya untuk mendemonstrasikan hasil idemu.

Go-to-Market & Skalabiltas: Apakah produknya layak? Apakah produknya dapat berkembang? Apakah ada sertifikat industri tertentu yang diperlukan untuk kemanan dan keselamatan? Tahap akhir ini menuntut kita untuk melihat produk kita, rencana bisnis kita, dan menentukan apakah produknya memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai pasar.

Selanjutnya: Tahap 1: Belajar & Eksperimen

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Intel Developer Zone. Artikel asli bisa dilihat di link ini.