Perkembangan Startup Lokal Indonesia


Belakangan ini saya mendengar cukup banyak startup lokal indonesia yang sudah cukup berkembang dan dikenal. Saya sendiri sebagai penggiat dunia IT ikut bangga dengan ini. Beberapa startup lokal yang sudah bermunculan diantaranya adalah koprol, digli, kulacak, twiterus, dan lain-lain. Dan kebetulan baru saja selesai pertemuan para startup lokal indonesia terutama di Yogyakarta, yaitu Bancakan 2.0. Sayang saya dan teman saya gak bisa ikut berhubung kebentur jadwal dan dana hehe.

Saya juga sering mendengar kabar angin bahwa mulai tahun 2010 ini, para startup lokal akan melakukan gebrakan di Indonesia. Akan muncul lebih banyak lagi startup lokal. Ntah benar atau tidak ini tapi saya berharap ini benar, apa lagi yang bisa membuat bangga para penggiat IT selain melihat produk-produk buatan lokal semakin merajalela. Dan juga saya dengar kabar akan ada silicon valley ala indonesia yang sedang dibangun oleh salah satu ISP di Indonesia kalau saya tidak salah.

Tentu kedua kabar di atas akan sangat menggembirakan jika benar jadinya. Akan menjadi sesuatu yang membanggakan bagi saya sendiri jika selama saya hidup saya bisa melihat startup lokal Indonesia bisa berkembang dengan pesat, tidak kalah dengan Facebook, Twitter, Google, dan lain-lain.

Buat para praktisi IT atau startup lokal mungkin bisa mengikut kedua situs di bawah ini, setau saya mereka mempunyai info dan katalog startup lokal yang cukup lengkap:

  1. DailySocial.net
  2. Web2.0Indonesia.com

Kedua situs diatas saling berhubungan, web2.0indonesia (katalog web2.0 di Indonesia) merupakan bagian dari dailysocial (situs yang sering membahas startup lokal di Indonesia), langsung aja subscribe ke rss reader anda kedua situs diatas agar anda terus terupdate.ย  Kalau ingin meluaskan koneksi mungkin anda bisa menelusuri komentator-komentator yang ada di DailySocial.net, setau saya kebanyakan komentatornya bisa dibilang “petinggi” IT di Indonesia hehe.

Maju terus startup lokal Indonesia….. :iloveindonesia :iloveindonesia:iloveindonesia

Saya bersama tim saya juga sedang berjuang untuk mengembangkan produk lokal. Jadikan produk IT lokal jadi raja di negeri sendiri hehe.

* note: gabung di fanpage facebook startup lokal indonesia, mari kita bersama-sama saling membantu, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh hehe, sd abiez :hammer: