Permudah Pengguna Mencari Web Mobile-Friendly, Google Tingkatkan Layanan Pencarian Mobile

Permudah Pengguna Mencari Web Mobile-Friendly, Google Tingkatkan Layanan Pencarian Mobile

desain web aplikasi

[sumber: Pixabay]

Pada bulan Mei 2016 mendatang, Google akan memperbarui layanan hasil pencarian melalui mobile yang memungkinkan munculnya dampak pada berbagai laman web. Dengan Peningkatan ini, Google berharap dapat meningkatkan efek dari sinyal peringkat yang akan membantu pengguna dalam mencari halaman yang relevan dan mobile-friendly dengan lebih mudah.

Seharusnya, pencarian sebuah konten, jawaban, atau halaman relevan tidak bergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Pengguna seharusnya mendapatkan hasil pencarian yang memungkinkan meskipun sedang menggunakan perangkat ponsel. Selain itu, hasil pencarian terbaik juga tidak seharusnya dibatasi dengan jenis perangkat desktop ataupun tablet.

Layanan ini sebenarnya adalah layanan yang telah dimulai sejak tahun 2014, dimana Google mulai memberikan label pada situs-situs yang mobile-friendly untuk menunjukan halaman mana yang dapat dioptimalkan untuk perangkat ponsel.

Lalu pada bulan Februari 2015, Google menyampaikan sebuah pengumuman yang berisi tentang perubahan keseluruhan peringkat mobile pada tanggal 21 April 2015, dimana perusahaan akan merubah algoritma yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Google akan melakukan seleksi terhadao situs yang mobile-friendly dengan menggunakan Googlebot berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria yang pertama adalah situs tidak menggunakan perangkat lunak yang tidak mendukung perangkat mobile. Kriteria yang kedua, laman situs menggunakan tulisan yang mudah dibaca tanpa memerlukan perbesaran.

Kriteria ketiga, situs memiliki tampilan konten yang sesuai dengan ukuran layar, sehingga pengguna tak perlu menggulirkan layar secara horizontal ataupun melakukan perbesaran. Dan kriteria terakhir adalah situs memiliki penempatan tauan yang mudah untuk dipilih.

Beberapa situs yang tidak sesuai dengan kriteria akan mendapatkan sedikit dampak dengan pembaruan keseluruhan hasil pencarian mobile. Oleh karena itu, Google menyarankan para developer untuk mengecek laman Mobile-Friendly Test dan Webmaster Mobile Guide supaya developer dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan situs yang dimilikinya.

Dan yang terpenting, penggunaan kata kunci pencarian masih menjadi sinyal yang sangat kuat, sehingga meskipun situs dengan konten yang berkualitas, yaitu memiliki konten yang bagus dan relevan, memiliki konten yang tidak mobile-friendly, situs akan tetap memiliki peringkat yang baik.

[via Venturebeat]