Photo Solve – Aplikasi yang Dapat Menyelesaikan Soal Matematika Hanya Dengan Memindai Tulisan

Photo Solve – Aplikasi yang Dapat Menyelesaikan Soal Matematika Hanya Dengan Memindai Tulisan

photo solve

[sumber gambar : shutterstock]

Biasanya terkadang sebagian orang ingin cepat menyelesaikan dan mengetahui hasil dari soal rumus matematika yang berada tepat di depan matanya. Nah bagi pembaca yang ingin mengetahui hasil dari soal matematika yang diberikan dengan cepat maka dapat mencoba aplikasi yang bernama Photo Solve.

Photo Solve ini dikembangkan oleh developer asal lokal, Dust Studio, dan terinspirasi dari aplikasi yang memiliki kemampuan sama yakni Photo Math. Aplikasi Photo Solve sendiri memiliki kemampuan untuk menganalisis suatu objek karakter berupa rumus matematika yang nantinya akan memberikan jawaban pada penggunanya.

Ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini penggunanya akan dihadapkan pada pengumpulan database pada untuk memecahkan soal matematika. Setelah selesain mengumpulkan database maka penggunanya akan dihadapkan pada tulisan mengenai deskripsi singkat dari kemampuan Photo Solve ini.

Selanjutnya, pengguna aplikasi ini akan menuju halaman untuk melakukan pemindaian soal matematika dan mengambil foto dari soal matematika tersebut. Untuk mendapatkan foto dari soal persamaan matematika ini penggunanya dapat mengarahkan kamera ponsel pintar pada persamaan matematika yang akan dipecahkan.

Photo Solve All

Agar bisa mendapatkan hasil foto yang pas maka penggunanya harus mengarahkan kotak putih yang tampil di layar agar pas dengan persamaan matematika yang tampil. Selanjutnya, pada bagian kiri atas layar akan tampak preview persamaan matematika yang akan diambil.

Ketika penggunanya merasa persamaan matematika yang dipindai oleh aplikasi sudah benar maka selanjutnya dapat menekan tombol berlambang kamera di bagian pojok kanan atas aplikasi. Dalam sekejap, aplikasi akan menampilkan hasilnya beserta cara penyelesaiannya bahkan hingga grafik persamaannya akan ditampilkan. Hasilnya dapat langsung dibagikan ke jejaring sosial.

Dalam memecahkan persoalan dari rumus matematika ini Dust Studio menggunakan beberapa library seperti Tesseract, Leptonica, dan SympyGamma. Untuk berbagi di jejaring sosialnya, aplikasi ini menggunakan Facebook SDK.

Bisa dibilang penggunanya dapat mencocokan jawaban atau mengetahui jawaban dari soal matematika dengan cepat yang dilengkapi dengan cara penyelesaiannya. Namun masih terdapat beberapa bentuk persamaan matematika yang masih belum dapat diselesaikan oleh aplikasi ini sehingga Dust Studio sebaiknya memperbaiki beberapa kesalahan tersebut.

Selain itu, Dust Studio juga harus lebih mengembangkan aplikasi ini untuk pembacaan soal persamaan matematika dengan tulisan tangan agar dapat dipindai dan diterjemahkan dengan masimal.

Bagi pembaca yang tertarik memecahkan soal rumus maupun persamaan matematika dengan Photo Solve ini dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store.

[appbox googleplay compact badge com.dust.photosolve]