Project Soli Kembangkan Sensor Radar Untuk Kendalikan Benda Dari Jarak Jauh

Project Soli Kembangkan Sensor Radar Untuk Kendalikan Benda Dari Jarak Jauh

project soli header

Beberapa waktu lalu Google memperkenalkan Proyek terbarunya yang diberi nama Project Soli. Dalam proyek ini dikembangkan sensor baru untuk interaksi manusia dengan benda yang menggunakan teknologi radar.

Dengan menggunakan teknologi radar tersebut memungkinkan sensor untuk dapat melacak gerakan sub-milimeter manusia dengan akurasi dan kecepatan yang tinggi . Hal ini dapat membuat manusia mengendalikan benda maupun perangkat elektronik dengan pola gerakan jari di udara tanpa menyentuhnya dan dari jarak jauh.

Cara kerjanya sendiri cukup menarik dimana sensor akan memancarkan gelombang radio dengan frekuensi tinggi dan jika objek bergerak masuk ke area gelombang tersebut maka akan secara otomatis akan direspon dan diteruskan kepada fungsi benda yang telah ditentukan.

Misalnya saja sensor Project Soli ini ditanamkan pada sebuah pemutar musik. Selanjutnya pengguna perangkat tersebut ingin mengatur volume suara dari lagu yang sedang didengarkan maka penggunanya cukup melakukan pola gerakan jari tertentu yang memungkinkan volume dapat turun maupun naik seperti menggesekan dua jari ke arah kanan maupun kiri dan pemutar musik akan merespon untuk mengatur volume suara.

Carsten Schwesig selaku Design Lead Project Soli menyatakan bahwa sensor yang dikembangkan pada Project Soli ini memungkinkan untuk menangkap gerakan hingga 10.000 frame per detik yang jauh lebih akurat dibandingkan sistem yang berbasis kamera. Hal ini membuktikan bahwa sensor ini dapat menangkap kecepatan manusia dengan sangat cepat sehingga akurasi menjadi tinggi.

Sensor yang dikembangkan dalam Project Soli ini berukuran sangat kecil sehingga dapat diimplementasikan pada chip dan dapat diproduksi pada perangkat kecil maupun benda sehari-hari. Misalnya sensor ini diimplementasikan pada smartwatch, ponsel pintar, televisi, radio, printer, kulkas, dan masih banyak lagi.

Nantinya sensor dari proyek ini masih akan diuji coba kelayakannya untuk dapat bisa digunakan pada benda yang digunakan di kehidupan sehari-hari sehingga Google berencana akan merilis kit pengembangan bagi developer untuk dapat mengontrol pola gerakan jari menggunakan sensor dari Project Soli.