Gabungkan Berbagai Komponen Hardware, Maker Kembangkan Produk yang Menarik

Gabungkan Berbagai Komponen Hardware, Maker Kembangkan Produk yang Menarik

perangkat maker header[sumber gambar: shutterstock]

Terkadang dalam membuat sebuah produk, Maker menuangkan berbagai ide dan membuatnya menjadi perangkat yang belum ada di pasaran. Perangkat-perangkat ini terbilang masih dalam bentuk satuan dan belum diproduksi secara massal.

Perangkat yang dikembangkan Maker ini biasanya dibuat berdasarkan inovasi atau memperbarui barang yang sudah ada. Biasanya Maker akan menggunakan papan komputer mini pengembangan seperti Arduino, Raspberry Pi, atau Intel Galileo untuk membuat perangkatnya dapat terhubung dengan gadget maupun komputer.

1. Instabelly

Instabelly merupakan sebuah mesin permen yang dikembangkan oleh Makerspace asal Indonesia, Crazy Hackerz. Mesin ini dapat mengeluarkan permen apabila pengguna gadget mengunggah fotonya dan menambahkan lokasi Crazy Hackerz di Instagram.

Setelah foto selesai terunggah di Instagram maka secara otomatis mesin akan mengeluarkan satu permen. Tentunya mesin ini cukup menarik juga apabila digunakan untuk menambah jumlah pengikut Instagram atau sedang melakukan kampanye.

2. Smart Rat Trap

smart rat trap

Biasanya tikus memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menghindari jebakan tikus sudah ada di depan matanya. Untuk itu, ada solusi yang menarik dengan menggunakan perangkat bernama Smart Rat Trap.

Smart Rat Trap ini menggunakan beberapa komponen seperti Arduino, sensor inframerah, dan magnet neodymium. Cara kerjanya sendiri ketika tikus berada di sekitar perangkap, maka sensor inframerah akan memicu gelombang elektromagnetik yang akan membuat magnet neodymium menjatuhkan kurungan dari atas dan otomatis tikus akan terperangkap.

3. DodecaLEDron

DodecaLEDron ini merupakan perangkat yang digunakan sebagai kendali untuk permainan video game. Pengguna perangkat ini dapat mengendalikan game dengan mengarahkan telapak tangan ke lampu LED dan sensor yang berada di DodecaLEDron. Nantinya telapak tangan tidak perlu menyentuh dan sensor akan langsung mendeteksinya.

Hal ini berbeda dibandingkan cara biasa bermain video game menggunakan joystick dan ditekan untuk mengendalikan permainannya. Perangkat ini menggunakan casing kayu dan diciptakan oleh maker asal Swiss, Micha Stettler.

4. Foldscope

Perangkat ini merupakan sebuah mikroskop mini dan sangat tipis. Bisa dibilang mikroskop ini menggunakan casing yang terbuat dari kertas dan lensa mikro polimer yang terbilang murah. Foldscope ini mampu melakukan perbesaran hingga 2000x dengan resolusi sub-mikron (800 nm).

Perangkat memiliki dimensi 70mm × 20mm × 2mm. Untuk harganya sendiri hanya sebesar 50 sen atau Rp 6.500. Mikroskop ini sendiri diciptakan Manu Prakash peneliti Universitas Stanford asal India yang memiliki tujuan untuk menciptakan mikroskop murah bagi negara berkembang.

5. SMS-µA (Smart Monitoring System for MicroAlgae)

smsmicroalgae

SMS-µA merupakan perangkat Internet of Things yang dikembangkan untuk menurunkan kadar polusi yang terjadi di suatu kota. Perangkat ini menggunakan sebuah microAlgae untuk dapat menyerap kadar CO2. Selain itu, perangkat ini dapat juga memonitor kadar CO2 yang diserap oleh micro Algae berdasarkan kadar kekentalan dari microAlgae.

Rencananya perangkat ini akan ditempatkan di rumah setiap orang yang nantinya dapat menurunkan kadar polusi satu kota bahkan satu negara. Untuk pengembang perangkat ini sendiri berasal dari Indonesia yaitu MC.IOT.


Ini merupakan beberapa perangkat menarik yang telah dikembangkan oleh para Maker untuk solusi suatu masalah atau inovasi dengan menggunakan rangkaian hardware. Jika pembaca mengetahui tentang perangkat yang dikembangkan oleh Maker lainnya maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.