Qiscus – Aplikasi Chatting Untuk kerja

Qiscus – Aplikasi Chatting Untuk kerja

qiscus header

Beberapa waktu lalu telah diluncurkan sebuah layanan pesan yang ditujukan untuk pekerjaan sehari-hari, Qiscus, di Indonesia. Aplikasi dan layanan ini sendiri dikembangkan oleh startup lokal asal Yogyakarta yang bernama sama dengan produknya yaitu Qiscus.

Qiscus sendiri diciptakan karena tujuan agar penggunanya dapat mengatur diskusi ke dalam chat room dan topik yang bisa diatur sendiri agar menjadi lebih efisien dan efektif ketika sedang berdiskusi dan berkolaborasi dalam satu tim kerja.

Menariknya platform Qiscus ini dirancang menggunakan sudut pandang perusahaan sehingga telah disematkan keamanan data dan proteksi kata kunci menggunakan enkripsi 256-bit SSL sehingga percakapan serta diskusi menjadi aman dan terjaga privasinya

Untuk melakukan akses terhadap Qiscus ini pembaca dapat melalui aplikasi mobile dan browser komputer seperti Chrome. Dalam hal ini saya mencoba untuk mengakses Qiscus menggunakan kedua pilihan tersebut.

qiscus all

Pada langkah awal saya mengunduh terlebih dahulu aplikasi Qiscus di Android hingga selesai terinstal di ponsel pintar. Selanjutnya saya mengakses aplikasi Qiscus dan dihadapkan pada tampilan awal untuk memasukkan email dan kata kunci pengguna.

Namun karena belum terdaftar menjadi pengguna Qiscus maka saya memilih menu Register untuk mendaftarkan diri pada platform ini. Dalam membuat akun di Qiscus ini pembaca hanya perlu mendaftarkan email maupun kata kunci yang diinginkan.

Selanjutnya pembaca hanya tinggal login menggunakan email dan kata kunci yang telah dibuat tadi. Setelah pembaca berhasil login maka akan dihadapkan pada halaman utama yang terdiri chat room bawaan yang bernama QiscusbotRoom.

Apabila pengguna tidak ingin melakukan percakapan di QiscusbotRoom maka dapat membuat chat room sendiri dengan menekan tombol bertanda tambah pada bagian kanan atas dan akan langsung dihadapkan pada penamaan chat room yang diinginkan.

Dalam chat room yang telah dibuat ini penggunanya dapat langsung menambahkan pengguna ataupun teman lainnya dengan menekan tombol yang berlambang orang dengan tanda tambah. Selanjutnya akan muncul email dari pengguna atau teman lainnya.

Pengguna dapat langsung mengirimkan undangan melalui email yang telah terdaftar tersebut atau mengetik email sendiri. Apabila pengguna lain yang diundang telah terdaftar dalam Qiscus maka secara otomatis akan langsung masuk chat room yang telah ditentukan dan otomatis dapat melihat gambar, pesan, tautan, ataupun berkas lainnya di chat room tersebut.

Sedangkan teman lain yang diinvitasi email dan belum terdaftar maka secara otomatis Qiscus akan mengirimkan pesan dan tautan agar bergabung menjadi pengguna Qiscus. Nantinya pada halaman utama chat room yang dibuat ini penggunanya dapat membuat topik khusus lagi agar menjadi lebih fokus terhadap bahasan kerja dengan tim.

Untuk membuat topik dalam chat room Qiscus ini penggunanya dapat menyapu layar dari pojok kiri ke kanan dan akan muncul menu “Add Topic” dan akan terdapat daftar topik yang telah dibuat. Selain itu, apabila penggunanya menyapu layar dari pojok kanan ke kiri maka akan muncul halaman yang memberikan daftar mengenai berkas dan tautan yang telah diunduh dan dimasukkan ke halaman topik di chat room.

Tampilan yang disajikan pada aplikasi Qiscus baik itu di perangkat mobile maupun browser komputer bisa dibilang sederhana layaknya dan mudah digunakan. Fitur-fitur yang tersedia dalam Qiscus ini lengkap untuk pesan, percakapan, dan saling berbagi berkas maupun tautan penting untuk pekerjaan sehari-hari.

Qiscus dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun apabila pembaca ingin mencoba fitur premium seperti Video Chat atau Conference dengan sesama rekan kerja maka dapat melakukan upgrade dengan membayar sebesar 8 Dollar Singapura atau sekitar Rp 78.898 bagi setiap pengguna per bulannya. Namun Qiscuss juga menyediakan fitur premium yang dapat dicoba selama satu bulan.

Bagi pembaca yang tertarik untuk melakukan percakapan dan mengirimkan pesan menggunakan Qiscus ini dapat langsung mengunduhnya di Google Play untuk pengguna ponsel Android, Apple App Store untuk pengguna iPhone atau iPad, dan mengunjungi situs resmi Qiscus untuk browser di komputer.

qiscus all vertical

[appbox appstore 837645968]

[appbox googleplay compact badge com.qiscus]