QTOS – Sebuah Aplikasi Web untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Terminal Peti Kemas

QTOS – Sebuah Aplikasi Web untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Terminal Peti Kemas

QTOS

Aplikasi web QTOS (QTerminal Operating System) adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Cinovasi Rekaprima dan PT Qtasnim Digital Teknologi yang dapat membantu memudahkan pengurusan peti kemas di pelabuhan.

Indonesia sebagai negara maritim tentu memiliki banyak pelabuhan di berbagai daerahnya. Pelabuhan-pelabuhan ini memiliki peran penting untuk memindahkan barang peti kemas atau manusia dari satu tempat ke tempat lain. Namun begitu, masih banyak pelabuhan peti kemas di Indonesia yang menggunakan metode konvesional sehingga menjadi kurang kompetitif dan optimal dalam pengoperasiannya.

Permasalahan inilah yang ingin dipecahkan dengan aplikasi QTOS apalagi belum lama ini presiden Joko Widodo sedang menggalakkan transformasi sarana transportasi laut. QTOS saat ini menyediakan berbagai fitur yang sudah menggunakan standar terminal peti kemas internasional.

Gunadi selaku SM Operation dari PT QTasnim Digital Teknologi mengatakan, “Dengan menggunakan aplikasi QTOS, pengurusan peti kemas di pelabuhan akan menjadi lebih efektif, lebih efisien, dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cara konvesional”.

Fitur-fitur yang tersedia di QTOS dapat mengakomodasi hampir seluruh kegiatan operasional terminal peti kemas domestik dan juga internasional. Beberapa modul yang tersedia pada QTOS di antaranya adalah Vessel Management, Yard Management, Data Maintenance, Billing, Monitoring, Reporting, Mobile HandHeld, dan Web Front.

QTOS sendiri saat ini sudah aktif digunakan di Terminal Peti Kemas Pelindo IV dan rencananya akan berkekspansi ke pelabuhan lainnya. Belum banyak pemain lokal lain selain QTOS yang bermain di aplikasi untuk peti kemas di pelabuhan padahal aplikasi seperti ini diperlukan untuk meningkatkan layanan di pelabuhan peti kemas.

,