Review Xiaomi Redmi Note – Smartphone Android Octa Core dengan Harga Dibawah 2 Juta

Review Xiaomi Redmi Note – Smartphone Android Octa Core dengan Harga Dibawah 2 Juta

head redmi note

Beberapa hari yang lalu Hugo Barra selaku Vice President Xiaomi Global kembali mendatangi Indonesia dan mengadakan pertemuan ekslusif dengan beberapa blogger serta media. Dalam kesempatan tersebut Hugo Barra membahas mengenai komunitas Mi Fans yang kini mulai tumbuh di berbagai kota sekaligus memperkenalkan produk kedua Xiaomi yang akan dirilis resmi di Indonesia yaitu Redmi Note.

Sebagai salah satu peserta yang hadir, TeknoJurnal berkesempatan menjajal terlebih dahulu Redmi Note sebelum dijual secara umum di Lazada pada tanggal 13 November 2014. Seperti apa ponsel pintar Xiaomi yang berharga Rp 1,999 juta ini?

Desain

Redmi Note masih seperti Redmi 1s yang berwarna hitam pada bagian depan dan memiliki sedikit lengkungan pada ujung-ujungnya. Namun berbeda dengan ‘sang kakak’, sisi belakang Redmi Note didominasi oleh warna putih dengan material glossy. Kesan ponsel pintar murah namun tetap elegan yang terlihat pada Redmi 1s sepertinya kurang terlihat pada bagian Redmi Note ini.

Xiaomi Redmi Note mempunyai ukuran layar 5.5 inci dengan resolusi 1280 x 720 berteknologi IPS, ketebalan 9,5 mm, dan berat 199 g. Ukuran ini menyebabkan penggunanya membutuhkan dua tangan bila ingin menggunakan secara optimal. Untuk layarnya, Xiaomi melapisi ponsel pintar ini dengan Corning Gorilla Glass 3 sehingga akan membuatnya aman dari goresan. Layar Redmi Note juga dilengkapi dengan hardkey yang bercahaya untuk membantu penggunaan saat gelap. Hal ini berbeda dengan Redmi 1s yang tidak memiliki cahaya pada hardkey-nya.

Setelah membuka casing bagian belakang, saya bisa melihat Redmi Note dilengkapi dengan slot kartu mikro SD yang mampu diekspansi hingga 32 GB. Selain itu, ponsel pintar ini mendukung penggunaan dua kartu SIM sekaligus yang terlihat dengan adanya dua slot yang terdiri dari slot 1 untuk jaringan WCDMA 3G dan slot 2 hanya untuk jaringan 2G.

desain samping redmi note

Kamera

Redmi Note dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP beresolusi maksimal 4208 x 3120 dan dilengkapi dengan LED Flash. Bisa dibilang resolusi yang dihadirkan pada kamera belakang Redmi Note ini cukup besar untuk ponsel pintar di kelas harganya. Ditambah dengan fitur bawaan yang cukup lengkap, pengguna bisa mengeksplorasi banyak hal dengan kamera Redmi Note. Kamera belakang Redmi Note ini juga mampu menghasilkan kualitas video 1280p HD.

Fitur kamera Redmi Note

Fitur yang ada di kamera Redmi Note

Auto Focus

Hasil foto dengan menggunakan autofocus mampu menghasilkan efek bokeh

outdoor indoor

Hasil kamera di luar ruangan (kiri) dan di dalam ruangan (kanan)

Kamera depan Redmi Note memiliki resolusi 5 MP. Dengan resolusi sebesar ini, pengguna bisa menggunakan kamera depan untuk selfie secara maksimal. Selain itu, aplikasi kamera bawaan Redmi Note sudah dilengkapi dengan timer sehingga memudahkan saat pengambilan gambar selfie.

IMG_20141111_110437

Hasil uji coba selfie di dalam ruangan

Performa

Redmi Note dipersenjatai dengan prosesor Mediatek MT6592 Octa-core 1.7 GHz Cortex A-7. Hasil benchmark AnTuTu pada ponsel menghasilkan nilai yang tinggi, yaitu 32516. Namun sayangnya, saya masih merasakan transisi folder menu yang kurang begitu mulus meskipun Redmi Note memiliki spesifikasi prosesor dan nilai AnTuTu yang besar.

Antutu Benchmark

Hasil Uji AnTuTu

Untuk menguji kemampuan prosesor yang tersemat di Redmi Note, saya mencoba untuk bermain game Asphalt 8: Airborne. game ini berhasil dijalankan namun gerakan yang dihasilkan masih kurang halus. Dengan kerapatan pixel sebesar 267 dpi pada layar membuat gambar sudah terlihat cukup bagus namun kurang tajam.

Sistem Operasi MIUI v5

Sudah menjadi rahasia umum, Xiaomi menggunakan sistem operasi buatan sendiri berbasis Android yang diberi nama MIUI. Pada Redmi Note ini disematkan MIUI versi 5 JHDMIBF29.0 yang berbasis Android Jelly Bean 4.2. MIUI ini bisa diperbarui menjadi versi JHDMIBF37.0 melalui sistem OTA.

MIUI merupakan salah satu keunikan dan nilai jual yang dimiliki Xiaomi. Kelebihan MIUI ada pada kebebasan kostumisasi antarmuka yang bisa dilakukan oleh pengguna. Pengguna dapat menaruh semua widget dan menu di dalam home screen serta bebas mengunduh tema yang sesuai dengan selera.

MIUI

Tampilan dari MIUI

MIUI juga memiliki fitur-fitur unik seperti: layar bisa tetap aktif meskipun ada panggilan masuk, bisa menyimpan SMS secara rahasia, dan fitur keamanan lainnya. MIUI juga menyediakan Mi Cloud dengan ruang sebesar 10 GB. Beberapa hal inilah yang membedakan ponsel pintar Android dari Xiaomi dengan ponsel pintar lainnya.

Baterai

Xiaomi Redmi Note memiliki baterai yang dapat dilepas dengan kapasitas 3200 mAh. Uji coba pengisian daya baterai yang saya lakukan memakan waktu sekitar 150 menit dari 4% hingga 100%. Pengisian baterai secepat ini biasanya hanya bisa dijumpai pada ponsel pintar kelas atas dengan harga mahal.

Untuk daya tahan baterai sendiri saya sudah mencoba dengan pemakaian koneksi sinyal data selama 1 jam untuk bersosial media, berselancar di dunia maya intensitas tinggi, dan cahaya layar di pengaturan tertinggi, yang hasilnya adalah kapasitas berkurang sebesar 14 %. Ini berarti mengharuskan saya mengisi baterai setiap 7 jam apabila menggunakan Redmi Note secara intensif.

Spesifikasi dan Lainnya

Beberapa keunikan lain dari Redmi Note adalah bisa menjalankan Radio FM tanpa perlu memasang headset sebagai antena. Selain itu, baterai yang bisa diisi dengan cepat bisa menjadi nilai lebih karena kemampuan tersebut biasanya hanya ada di ponsel level atas. Untuk kualitas audio, saya coba membandingkan dengan ponsel yang memiliki harga sama, Moto G. Saya merasa, suara yang dihasilkan Redmi Note masih belum mengalahkan Moto G.

Spesifikasi lain dari Redmi Note antara lain :

Jaringan Selular WCDMA 3G, 2G

Layar : Layar Sentuh LCD IPS 5.5‚ÄĚ 720 x 1280 pixels dengan kepadatan pixel 267 ppi

Prosesor : Mediatek MT6592 Octa Core 1.7 GHz

OS : Android Jelly Bean 4.2 (MIUI v.5)

Memori : RAM 2 GB, Kapasitas penyimpanan internal 8 GB, dan MicroSD hingga 32 GB

Kamera : belakang 8 MP dan depan 5 MP

Baterai : Li-Po 3200 mAh

Konektivitas : microUSB 2.0, USB On-the-go, Wi-Fi Direct

Kesimpulan

Untuk ponsel berharga kurang dari 2 juta dengan spesifikasi tinggi yang disematkan, Redmi Note masih terbilang cukup memuaskan. Ponsel ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan layar besar serta kamera dengan kualitas bagus untuk selfie dan mengabadikan momen dengan ponsel. Selain itu, ponsel ini juga cocok bagi orang yang menginginkan kartu SIM lebih dari satu dan daya tahan baterai yang lebih lama.

IMG_20141106_195841619_HDR

Perbandingan harga Redmi Note dengan ponsel berspesifikasi sejenis

Kelebihan

  • Layar IPS LCD
  • Kamera depan 5 MP cocok untuk selfie
  • Baterai 3200 mAh
  • Pengisian baterai¬†lebih cepat

Kekurangan

  • Untuk menjalankan game masih kurang maksimal
  • Kurang halus saat transisi membuka¬†folder menu
  • Kerapatan pixel yang belum cukup¬†tinggi

Bagi pembaca TeknoJurnal yang tertarik dengan Xiaomi Redmi Note ini bisa membelinya dengan sistem Flash Sale seharga Rp 1,999 juta di situs Lazada. Untuk mendapatkan kesempatan membeli ponsel pintar tersebut, pembelinya diharuskan antri terlebih dahulu sebelum penjualannya dibuka pada tanggal 13 November 2014 pada pukul 11.00.