Rekap Hackathon Sparxup 2012 – Ajang Membuat Aplikasi Windows Phone Selama 15 Jam

Rekap Hackathon Sparxup 2012 – Ajang Membuat Aplikasi Windows Phone Selama 15 Jam

Pembaca pasti sudah mengetahui tentang acara Sparxup 2012 yang merupakan ajang penghargaan bagi para penggiat startup di Indonesia. Salah satu bagian acara dari Sparxup 2012 adalah hackathon yang telah dilaksanakan pada tanggal 3-4 Oktober 2012 kemarin di JWC Binus University International. Para peserta di hackathon tersebut berkompetisi untuk membuat aplikasi terbaik di platform yang disediakan.

Acara hackathon Sparxup 2012 dimulai pada hari Rabu tanggal 3 Iktober 2012 pukul 14.00 dengan sesi pembukaan oleh Rama Maumaya (CEO Daily Social), Nanang Nur Jamal (BliBli), Akhsay Patil (Foursquare), Tiang Lim Foo (Evernote), dan Narenda Wicaksono (Nokia Developer). Mereka semua memberikan motivasi kepada para pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi yang ingin  mereka ciptakan.

Setelah pembukaan ini berlangsung, 10 kelompok pengembang aplikasi yang terpilih memulai aksi pengembangan aplikasi mereka baik itu dari sisi koding maupun desain. Para peserta di hackathon tersebut terlihat serius dan antusias dalam menciptakan aplikasi mereka yang menggunakan API Foursquare dan Evernote. Selain Foursquare dan Evernote, ada juga Blibli.com namun bukan dalam bentuk API melainkan RSS Feed.

Para peserta hackathon Sparxup 2012

Untuk 10 tim yang terpilih di hackathon Sparxup 2012 ini, aplikasi yang dibuat antara lain adalah:

  • Taxify oleh tim¬†Paris Van Java
  • SquareNote oleh tim¬†Augmented Diary
  • Gooyoob oleh¬†Hanief Cahya Utama
  • ChillOut oleh tim¬†SatNight
  • Baroong oleh tim¬†Sirius Dely
  • Foursquare Challenge oleh¬†Anselmus Krisma Adi K
  • Tryout Plus oleh tim¬†Alfasoft
  • StoreQ oleh tim¬†Zero Mind Labs
  • Diary Travel oleh tim¬†Koteka Labs
  • TraveLogger oleh tim¬†Fowab Bandung

Saya sendiri berkesempatan menjadi salah satu peserta pada acara hackathon ini sehingga saya dapat melihat langsung jalannya proses pembuatan aplikasi semua tim yang berada di lokasi. Semua tim benar-benar serius dalam menciptakan aplikasi, ini terlihat dari masih aktifnya peserta bahkan setelah larut malam dan asik men-debug aplikasinya.

Acara pun memasuki intinya pada tanggal 4 Oktober pukul 10.30 dengan sesi Demo Day dimana setiap tim akan mempresentasikan hasil aplikasi yang telah dibuat selama 15 jam di hadapan dewan juri yang telah dipilih. Juri pada hackathon Sparxup 2012 ini terdiri dari Akhsay Patil (Foursquare), Narenda Wicaksono (Nokia Developer), Wiku Baskoro (DailySocial), Tiang Lim Foo (Evernote), Willix Halim (Freelancer), dan Nanang Nur Jamal (BliBli).

Demo Aplikasi Salah Satu Peserta Hackathon Sparxup 2012

Setiap tim maju satu per satu memaparkan proses pembuatan apliaksi mereka, mulai dari ide hingga terciptanya aplikasi mereka. Setelah presentasi, juri pun diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai karya peserta baik dari segi ide, kegunaan, hingga tingkat kerumitan aplikasi. Beberapa dewan juri ada yang senang dan bangga dengan aplikasi yang dibuat oleh para pengembang apliaksi dari Indonesia.

Menurut Rama Mamuaya selaku penyelenggara dari hackathon ini, tujuan dari hackathon ini adalah ingin mengapresiasikan teman-teman pengembang aplikasi di Indonesia yang sedang naik daun dan mencari berlian pengembang aplikasi Indonesia yang belum ditemukan. Intinya ingin memfasilitasi yang menang nanti agar ada sesuatu yang dihasilkan bisa berguna dan menghasilkan dana untuk pembuatnya kemudian meng-highlight pengembang aplikasi ini.

Harapan Rama setelah hackathon ini adalah agar para pengembang aplikasi Indonesia itu tidak selalu beranggapan kalau pengembang aplikasi luar negeri lebih hebat melainkan mereka mampu bersaing dengan mereka semua. Mentor dari luar negeri yang ikut serta dalam acara ini pun mengiyakan kehebatan para pengembang aplikasi di Indonesia.

Setelah sesi Demo Day selesai, pemenang hackathon akan diumumkan pada Awarding Night Sparxup 2012 yang diselenggarakan di Mandiri Tower, Plaza Bapindo mulai pukul 18.30 di hari Jumat 5 oktober 2012 ini. Selain pengumuman pemenang hackathon, di acara Awarding Night Sparxup 2012 juga akan diumumkan pemenang Startup Award. Jadi, kita tunggu dan lihat saja hasilnya malam ini ;)

* Disclosure: TeknoJurnal adalah salah satu partner media di Sparxup 2012