Resmi Dapatkan Update Terbaru, Android Studio 2.0 Menjadi Lebih Bertenaga dan Mempermudah Developer


android Studio

Terdapat beberapa fiturĀ baru pada peluncuran Android Studio 2.0. Berfokus pada kinerja dan kecepatan emulator-nya, Android Studio merilis Android IDE dengan beberapa fitur baru yang akan memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi seperti mengedit dan melihat perubahan kode secara cepat atau menjalankan aplikasi yang dikembangkan melalui Android Emulator yang terbaru dan tercepat.

Pengembangan Android Studio 2.0 baru mencapai tahap Beta. NamunĀ pada pembaruan terakhir, developer sudah dapat menikmati fitur-fitur terbaru dari Android Studio 2.0 seperti Instant Run, App Indexing, dan New and Faster Android Emulator.

Beberapa fitur yang diumumkan sebagai pembaruan Beta pada 5 Februari 2016 lalu melengkapi fitur-fitur sebelumnya. Seperti Instant Run, Instant Run sebenarnya telah diumumkan pada November tahun lalu, dan pada pembaruan terakhir fitur pada Instant Run ditambah dengan kemampuan baru, yaitu Cold Swap.

Dengan fitur terbaru pada Instant Run ini developer dapat me-restart aplikasi secara keseluruhan dengan cepat seperti saat developer melakukan perubahan pada kode struktural termasuk perubahan hirarki class, metode signatures, dan lain-lain.

Instant Run sendiri pada dasarnya dikembangkan untuk memudahkan developer dalamĀ membuat perubahan pada aplikasi yang sedang berjalan secara langsung, baik berjalan pada perangkat Android maupun Android Emulator.

Pembaruan juga dilakukan pada App Indexing. Kemampuan Ā baru juga disisipkan pada fitur ini, kemampuan tersebut adalah URL Testing & Validation. Dengan App Indexing yang terbaru ini developer dapat melakukan validasi dan mencoba hasil dari URL yang digunakan.

Dalam pembaruanĀ  tersebut, fitur Android Emulator juga ditingkatkan denganĀ beberapa perbaikan dan tambahan kecil diberikan pada fitur tersebut. Secara khusus, peningkatan fitur Android Emulator dilakukan dengan penambahan dukungan multi-touch dan memperbarui fitur kontrol rotasi.

Pada pembaruan ini Android Studio 2.0 telah mendekati tahap sempurna. Akan tetapi, belum dapat dijamin sepenuhnya bahwa tidak terdapat bug yang mengganggu. Namun pengguna Android Studio dapat memberitahukan permasalahan jika terdapat bug yang muncul kepada pengembang Android Studio.

[via Android Developer]