Review Acer Liquid E700 – Smartphone Android Tiga SIM Card yang Tahan Lama

Review Acer Liquid E700 – Smartphone Android Tiga SIM Card yang Tahan Lama

acer liquid e700 header

Dua bulan yang lalu saya mendapatkan Acer Liquid E700, salah satu ponsel pintar keluaran Acer. Ponsel ini menawarkan beberapa fitur yang menarik seperti mendukung penggunaan tiga kartu SIM sekaligus dan kapasitas baterai yang besar yaitu 3500 mAh.

Acer Liquid E700 sendiri telah dijual di Indonesia dengan harga sebesar Rp. 3.099.000 dan terdiri dari dua pilihan warna yaitu Hitam Titan atau Merah Burgundy.

Desain

Acer Liquid E700 ini memiliki dimensi 147.3 x 73 x 9.9 mm dengan berat 155 gram yang terbilang tidak terlalu besar untuk ponsel pintar masa kini. Untuk layarnya sendiri, Acer Liquid E700 memiliki lebar 5 inci yang nyaman untuk digenggam. Ponsel dengan lebar layar seperti ini bisa dibilang sudah termasuk umum untuk saat ini.

Namun, sayangnya layar Liquid E700 ini tidak memiliki antigores baik itu Corning Gorilla Glass maupun DragonTail sehingga untuk menjaga agar layar ponsel tidak banyak goresan sebaiknya menambahkan anti gores dari pihak ketiga atau menggunakan tempat ponsel yang bisa menutup bagian layar.

Dari segi desain casing, ponsel ini menawarkan bentuk yang hampir sama dengan beberapa ponsel Android keluaran terbaru dengan lengkungan di bagian atas dan bawah. Namun pada casing bagian belakang terbilang cukup menarik karena pasalnya menggunakan bahan doff sehingga walaupun mudah kotor apabila disentuh tangan atau terkena minyak namun saya dapat langsung membersihkannya dan akan terlihat bagus seperti semula.

Ketika saya membuka casing belakang Liquid E700 akan terdapat tempat penyimpanan kartu SIM, kartu microSD, dan baterai. Ternyata baterai dari ponsel ini tidak dapat dilepas dan menggunakan teknologi Lithium ion.

Untuk tombol power dari Liquid E700 ini terdapat di bagian atas, tombol volume di bagian kanan ponsel, dan satu tombol belakang di bawah kamera yang dinamakan AcerRapid. Bisa dibilang dengan tata letak tombol seperti ini memudahkan saya untuk mengoperasikan ponsel dengan satu tangan.

 

acer liquid e700

Dukungan Tiga Kartu SIM

Acer Liquid E700 ini menggunakan jenis kartu microSIM sehingga penggunanya harus memotong terlebih dahulu kartu SIM biasa atau menghubungi kantor layanan operator seluler agar bisa langsung mendapatkan kartu microSIM.

Menariknya ponsel ini telah mendukung penggunaan tiga kartu SIM sekaligus di mana setiap slot kartu SIM mendukung penggunaan teknologi 3G yang terkenal cepat. Namun ketika tiga kartu SIM digunakan sekaligus saya harus memilih slot kartu SIM yang akan menggunakan teknologi 3G ini dan sisanya hanya akan mendukung GSM saja.

Untuk melakukan pilihan teknologi 3G ini saya masuk ke dalam menu manajemen SIM yang terdapat di pengaturan. Selain itu dalam menu tersebut saya pun dapat memilih slot kartu SIM mana yang akan menerima panggilan telepon atau SMS.

Perangkat Lunak

acer liquid e700 UI

Acer Liquid E700 ini telah menggunakan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat dan tampilan antarmuka Liquid UI. Dalam tampilan antarmuka ini saya dapat memilih beberapa macam jenis transisi perpindahan menu yang menarik. Selain itu, terdapat animasi genangan air pada tampilan ketika ponsel terkunci. Namun menurut saya animasi genangan air cukup memakan memori.

Acer juga menyematkan tampilan Quick Mode yang ditujukan bagi pengguna yang baru memakai ponsel kelas ponsel pintar dan juga bagi kalangan orang tua yang baru akan belajar menggunakan ponsel pintar. Secara sepintas tampilan yang dihadirkan dalam Quick Mode ini mirip dengan tampilan pada sistem operasi Windows Phone.

Kamera

Kamera yang dimiliki oleh Acer Liquid E700 ini terbilang cukup baik dengan kamera belakang 8 Megapiksel. Aplikasi kamera bawaan yang dimiliki oleh ponsel ini cukup beragam dengan tiga mode utama yang terdiri mode pengambilan gambar, mode pemandangan, hingga efek.

Untuk pengambilan gambar di luar ruangan pada siang hari bisa dibilang hasil gambar yang dihasilkan baik. Namun apabila mengambil gambar pada malam hari dengan intensitas cahaya yang minim maka gambar yang dihasilkan banyak noise.

kamera siang hari

Foto luar ruangan di siang hari (foto resolusi asli)

kamera malam hari

Foto luar ruangan di malam hari (foto resolusi asli)

Pada bagian depan, Acer menyematkan kamera dengan resolusi 2 Megapiksel. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera depan Acer Liquid E700 ini terbilang masih biasa saja namun dengan adanya flash di bagian depan ponsel membuat gambar yang diambil lebih terang pada kondisi minim cahaya.

Fitur

Acer Float UI

Bisa dibilang fitur ini cukup menarik karena dapat menampilkan 8 aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan dengan banyak jendela. Beberapa aplikasi yang didukung oleh fitur ini adalah Perambah, Tombol, Kalkulator, Kamera, Peta, Catatan, Stopwatch, dan Teks.

Untuk mengakses fitur ini pengguna cukup menekan tombol recent pada ponsel. Nantinya aplikasi Float akan muncul secara mendatar berurutan pada bagian bawah layar. Kemudian aplikasi dapat dipanggil satu per satu.

Tidak ketinggalan Acer menyematkan juga teknologi Float Caller yang dapat memberikan keleluasaan bagi penggunanya ketika menjawab telepon masuk tanpa mengganggu aplikasi yang sedang berjalan.

AcerRapid

Pada beberapa ponsel pintar Acer terbaru fitur AcerRapid telah disematkan. AcerRapid sendiri merupakan sebuah tombol fisik yang terdapat di bagian bawah kamera belakang. Dengan menggunakan AcerRapid ini saya dapat mengakses satu aplikasi dengan menekan satu kali tombol ini. Untuk mengganti aplikasi yang dapat diakses dengan fitur ini saya dapat melakukannya di pengaturan.

Selain itu, saya dapat mengakses kamera dengan menekan tombol AcerRapid secara lama. AcerRapid ini pun dapat berfungsi juga menjadi tombol kamera terutama memudahkan ketika ingin berfoto selfie. Kalau dilihat sepintas tata letak tombol ini hampir mirip dengan ponsel pintar LG keluaran terbaru.

Acer Live Screen

Untuk yang satu ini memudahkan sesama pengguna ponsel pintar Acer Liquid terbaru dapat saling terhubung dan melihat tampilan layar masing-masing sambil berbagi ide secara bersamaan melalui koneksi internet maupun Wi-Fi. Fitur ini mengizinkan hingga total 8 pengguna Acer Liquid terbaru membagikan tampilan layar secara bersamaan. Untuk menggunakan Acer Live Screen ini pengguna harus melakukan registrasi menggunakan nomor telepon.

Acer SnapNote

Saya mencoba menggunakan fitur Acer SnapNote ini ternyata fungsinya untuk mengambil gambar dengan kamera ponsel yang nantinya dapat merubah hasil foto menjadi pdf ataupun jpg. Selanjutnya saya dapat membagikannya kepada teman dan rekan kerja melalui Bluetooth, email, atau jejaring sosial.

Wireless Display

Dengan adanya Wireles Display, ponsel ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan tampilan di layar ponselnya ke televisi maupun proyektor yang telah mendukung teknologi Wireless Miracast sehingga pengguna tidak akan repot ketika akan melakukan presentasi menggunakan ponsel Liquid E700 ini.

Lainnya

Kualitas Tampilan Layar

Menurut saya Acer Liquid E700 ini memiliki kualitas tampilan layar yang baik. Ini terlihat dengan penggunaan teknologi LCD IPS yang membuat warna yang tampil pada layar tampak secara alami dan saya masih dapat melihat isi layar hingga kemiringan 178 derajat.

Selain itu Acer menyematkan teknologi Zero Air Gap yang dapat menghilangkan refleksi sinar matahari sehingga saya dapat melihat layar dengan jelas ketika berada di bawah sinar matahari. Dengan kualitas tampilan layar yang diberikan Liquid E700 ini saya merasa cukup puas hingga saat ini.

Daya Tahan Baterai

Acer Liquid E700 ini memiliki kapasitas baterai yang terbilang besar yaitu 3500 mAh. Bisa dibilang kapasitas baterai yang besar ini untuk mengimbangi kemampuannya yang mendukung tiga kartu SIM sekaligus. Dalam pemakaian saya selama hampir dua bulan, saya berhasil menggunakan ponsel ini rata-rata 14 jam dengan layar menyala selama 4 jam sebelum baterainya mencapai 15%.

Dalam hal ini saya menggunakan dua kartu SIM sekaligus di Acer Liquid E700 untuk kegiatan sehari-hari seperti telepon, SMS, menulis email, Twitter, Facebook, Whatsapp, dan Line. Bisa dibilang dengan baterai berkapasitas besar ini sangat memudahkan aktivitas tanpa perlu melakukan isi ulang daya selama satu hari.

Performa

Untuk dapur pacu dari Liquid E700 ini pihak Acer mempercayakan CPU Mediatek MT6582 Quad Core 1.2 GHz, GPU Mali 400, dan RAM 2 GB yang bisa dibilang memiliki performa cukup baik. Dalam pemakaian selama dua bulan, saya merasa puas dengan performa dari ponsel pintar ini.

Berkat kapasitas RAM sebesar 2GB membuat performa Acer Liquid E700 ini tidak lag. Ini terlihat dari Liquid E700 yang masih berjalan stabil ketika saya menjalankan aplikasi seperti Path, Twitter, Facebook, Chrome, dan Line. secara bersamaan . Selain itu, Liquid E700 masih berjalan dengan baik dan tanpa lag ketika saya bermain game seperti Asphalt 8.

Namun untuk kemampuannya dalam menentukan lokasi bisa dibilang kurang akurat. Pernah saya beberapa kali menggunakan fitur GPS untuk mencari lokasi dan hasilnya penanda menunjukan beberapa meter dari lokasi di peta.

Spesifikasi Hardware

Dari segi kemampuan perangkat keras, Acer Liquid E700 ini bisa dibilang memiliki kualitas yang cukup baik di kelasnya. Bagi pembaca yang ingin mengetahui spesifikasi teknis dari Acer Liquid E700 ini dapat melihatnya pada informasi yang saya sajikan sebagai berikut :

Jaringan Selular 2G, 3G

Layar : Layar Sentuh LCD IPS 5‚ÄĚ 720 x 1280 pixels dengan kepadatan pixel 294 ppi

Prosesor : Mediatek MT6582 Quad Core 1.2 GHz

Grafis : GPU Mali 400

Memori : RAM 2 GB, Kapasitas penyimpanan internal 16 GB, dan MicroSD hingga 32 GB

Kamera : belakang 8 MP dan depan 2 MP

Baterai : Li-ion 3500 mAh (tidak dapat dilepas)

Konektivitas : microUSB 2.0, Bluetooth 4.0, dan Wifi

Kesimpulan

Secara keseluruhan saya merasa puas dengan ponsel Acer Liquid E700 selama pemakaian dua bulan. Bisa dibilang performa prosesor dan RAM yang ditawarkan cukup baik dalam menjalankan beberapa aplikasi bersamaan. Selain itu, ponsel ini memang cocok bagi pengguna yang memiliki kartu SIM lebih dari satu dan menginginkan daya tahan baterai yang lama.

Kelebihan

  • Layar IPS LCD dengan Zero Air Gap
  • Mendukung tiga kartu microSIM sekaligus
  • Baterai 3500 mAh

Kekurangan

  • GPS kurang akurat
  • Baterai Tidak Dapat Dicopot