Uji Ketangkasan Jari dengan Game Roly Poly Penguin

Uji Ketangkasan Jari dengan Game Roly Poly Penguin

banner copy

Beberapa waktu lalu salah satu pengembang aplikasi lokal asal Indonesia, Arsanesia, merilis game terbarunya yaitu Roly Poly Penguin. Game ini menceritakan tentang Penguin bernama Pippo yang ingin memakan ikan karena melihat hidangan masakan di televisi dan penguin ini berusaha menangkap ikan-ikan yang berada di sekitar rumahnya untuk dijadikan makanan.

Dalam game ini pemain harus membantu Pippo untuk menangkap beraneka ragam ikan warna-warni yang terdapat di dalam air. Pada awal game ini, pemain akan diberikan contoh cara mendapatkan ikan untuk diberikan kepada Pippo. Pemain cukup menghubungkan 3 atau lebih ikan berwarna sama secara horizontal, vertikal, diagonal, ataupun gabungan ketiganya.

all copy

Untuk menghubungkan ikan berwarna sama, pemain harus menyentuh ikan yang menjadi target dan menyapu jari ke arah ikan yang berwarna sama. Setiap ikan yang berhasil dihubungkan akan mendapatkan poin. Semakin banyak ikan yang terhubung maka semakin tinggi poin yang didapatkan.

Pada saat pemain berhasil menghubungkan 5 atau 6 ikan berwarna sama, maka akan mendapatkan ikan laser untuk menghancurkan ikan secara horizontal maupun vertikal. Selain itu apabila berhasil menghubungkan 7 atau lebih ikan berwarna sama, maka akan mendapatkan bintang laut berwarna untuk menghancurkan seluruh ikan berwarna sama dengan bintang laut di arena.

Ketika pemain berhasil melakukan kombo sebanyak 8 kali dan kelipatannya, maka akan muncul mode untuk mendapatkan kerang pada setiap ikan yang berhasil dihubungkan. Selain itu, untuk mendapatkan kerang secara banyak dapat dilakukan dengan menyelesaikan setiap misi harian. Kerang ini berperan seperti uang untuk membeli item tertentu dalam game ini.

Waktu yang diberikan dalam game ini sekitar 60 detik sehingga pemain harus cepat dan teliti dalam menghubungkan ikan-ikan agar mendapatkan poin yang tinggi. Selain mendapatkan poin, pemain pun akan mendapatkan experience point yang akan membantu penguin naik level.

windows phone

Nokia Lumia

nokia xNokia X

Setiap melakukan permainan untuk mendapatkan ikan, pemain akan diberikan 5 nyawa berbentuk ikan yang akan menghilang satu setiap bermain. Ketika nyawa habis, maka pemain tidak dapat bermain sehingga harus mengisi kembali nyawa tersebut. Untuk mengisi nyawa tersebut, pemain harus menunggu sesuai waktu yang tertera pada game atau mengorbankan mutiara yang telah didapatkan setiap naik level.

Roly Poly Penguin ini menyediakan toko untuk membeli kerang, mutiara, dan kekuatan tambahan secara in-app purchase sehingga pemain akan mendapatkan peningkatan kekuatan dalam mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada setiap permainannya.

Secara keseluruhan game ini cukup menyenangkan untuk dimainkan segala umur. Namun saat dicoba pada beberapa perangkat, terkadang game ini kurang sensitif dalam menghubungkan ikan. Selain itu, untuk membuatnya menjadi lebih seru sebaiknya pengembang aplikasi ini menambahkan fitur papan skor antar pemain.

Bagi pembaca yang tertarik untuk memainkan Roly Poly Penguin dapat mengunduhnya di Windows Phone Store secara gratis. Selain itu, game ini telah tersedia di beberapa platform lainnya.