Sailfish OS – Sistem Operasi Mobile Baru Hasil Regenerasi MeeGo dan Mer

Sailfish OS – Sistem Operasi Mobile Baru Hasil Regenerasi MeeGo dan Mer

Sailfish-black-135Pembaca mungkin masih ingat sistem operasi Meego yang dikembangkan oleh Nokia. Sistem operasi itu kini sudah tidak dikembangkan lagi. Namun, ada sebuah grup pengembang di perusahaan Jolla yang merupakan mantan unit pengembang Meego di Nokia melanjutkan pengembangan MeeGo dan menggabukannya dengan sistem operasi Mer. Dari kedua sistem operasi tersebut, Jolla telah melahirkan sebuah sistem operasi mobile baru berbasis linux, Sailfish OS.

Sailfish sendiri sebenarnya telah dipresentasikan oleh tim Jolla ke seluruh dunia melalui streaming di Internet dengan mendemonstrasikan sistem operasi, UI, dan SDK yang berlangsung di Helsinki Finlandia pada 21 dan 22 November 2012 lalu. Rencananya, Jolla akan menggunakan HTML5, QML dan QT pada sistem operasi Sailfish dengan membangun ekosistem MeeGo.

Sailfish menyediakan antarmuka yang agak berbeda dibadingkan dengan yang lainnya dan menjadi keunggulan kompetitif bagi Sailfish tersebut jika dibandingkan dengan Android atau iOS. Pengembang Jolla mengatakan bahwa produsen ponsel seperti misalnya Samsung, Nokia dan lainnya dapat mendapatkan lisensi dan menggunakan Sailfish OS mirip seperti Android. Nantinya, Sailfish akan dilisensikan secara open source.

jollasailfishhandsonlead01
Sistem Operasi MeeGo (kiri) dan Sistem Operasi Sailfish (kanan)

Jolla mengabarkan bahwa Sailfish OS akan kompatibel dengan aplikasi Android yang sudahaa ada. Hal ini dikarenakan Sailfish dibangun menggunakan Alien Dalvik layer dari Myriad Group yang telah diujicobakan di ponsel Nokia N9 dalam menjalankan aplikasi Android. Untuk memanfaatkan semua fitur tampilan antarmuka dan fungsi menyeluruh dari Sailfish, pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi secara cepat dengan memporting aplikasi Android mereka ke QT/QML bawaan sistem operasi Sailfish. Tentunya juga, Sailfish akan memberikan panduan mendetail bagi para pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi di Sailfish.

Menurut saya dengan adanya sistem operasi ini akan meningkatkan persaingan pasar sistem operasi ponsel di dunia. Apabila sudah bosan dengan platform yang sudah ada, vendor ponsel dan juga pengguna ponsel dapat beralih ke alternatif seperti Sailfish ini. Dengan antarmuka yang menyerupai Android namun dengan rasa user experience dari MeeGo akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengguna ketika menggunakannya. Mari kita tunggu saja kehadiran ponsel berbasis Sailfish di tahun 2013 ini.