Sambut Kedatangan iOS 10, DyCodeEdu Selenggarakan Workshop Membuat Aplikasi iOS

Sambut Kedatangan iOS 10, DyCodeEdu Selenggarakan Workshop Membuat Aplikasi iOS

workshop ios dycode

Dalam rangka menyambut kedatangan iOS 10, DycodeEdu yang merupakan bagian dari Dycode menyelenggarakan workshop untuk mempelajari pengembangan aplikasi pada sistem operasi iOS di Dyplex, Bandung.

Workshop ini diselenggarakan secara berturut-turut selama lima hari pada tangal 25 ‚Äď 29 Juli 2016 dan ini adalah workshop ke-21 yang diselenggarakan oleh DycodeEdu.¬†Pelatihan yang dijalankan pada workshop ini adalah pelatihan tingkat dasar.

Bayu Yasaputro dari DycodeEdu yang sudah dengan berpengalaman di industri pengembangan aplikasi selama 8 tahun menjadi pelatih di workshop ini. Peserta berasal dari berbagai kalangan mulai dari pelajar SMK, freelancer, developer perwakilan dari perusahaan, developer dari startup, dan orang yang antusias terhadap teknologi Apple.

Pada hari pertama workshop, peserta diajarkan sintaks dasar dari Swift, pengenalan design pattern yang dipakai untuk mengembangkan aplikasi iOS, serta pengenalan Xcode. Untuk hari kedua, peserta diajarkan membuat layout menggunakan Xcode, cara penggunaan segue, user interface builder, dan lain-lain.

Pada hari terakhir workshop, peserta diajarkan membuat aplikasi yang memanfaatkan API (Application Programming Interface) dari Instagram. Ini agar pengguna mengerti cara parsing JSON dan menampilkan data yang tersedia melalui API Instagram.

Menurut Bayu Yasaputro, peserta yang mengikuti workshop ini sangat antusias dan aktif bertanya selama workshop berlangsung. Selain itu, peserta yang hadir mudah memahami apa yang disampaikan terkait logika dasar pemrograman maupun algoritma pemrograman sehingga tidak terlalu sulit mengajarkan peserta mengenai pengembangan aplikasi pada sistem operasi iOS.

Selama workshop berlangsung, tim TeknoJurnal berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu peserta workshop yaitu Felix Stanadi. Menurutnya, workshop ini sangat membantu dalam mengetahui dasar mengembangkan aplikasi pada sistem operasi iOS. Selain itu, peserta menjadi paham mengenai API sehingga peserta bisa membuat aplikasi iOS buatannya sendiri.

Bagi pembaca yang tertarik untuk mengikuti workshop iOS atau workshop lainnya yang diadakan oleh DycodeEdu, dapat mengunjungi situs resminya edu.dycode.co.id.

,