Samsung Dukung Salted Venture Kembangkan Smart Shoes Pada Mobile World Congress 2016

Samsung Dukung Salted Venture Kembangkan Smart Shoes Pada Mobile World Congress 2016

IOFIT

[Sumber Gambar: IOFIT]

Samsung Electronics memberikan sebuah dukungan kepada Salted Venture untuk mengembangkan perangkat wearable. Salted Venture sendiri merupakan sebuah startup yang sedang mengembangkan seperangkat sepatu pintar atau Smart Shoes yang memiliki kategori tersendiri di ajang Mobile World Congress 2016 pada tanggal 22 sampai dengan 26 Februari 2016 mendatang.

Perangkat yang dikembangkan oleh startup tersebut diberi nama IOFIT. IOFIT merupakan sebuah solusi yang menggunakan sensor tekanan dan akselerometer yang ditanamkan pada bagian outsole untuk meningkatkan keseimbangan pengguna dan postur tubuh untuk meningkatkan rutinitas kebugaran atau untuk meningkatkan ayunan golf.

Perangkat wearable sebenarnya telah banyak beredar di pasaran seperti smartwatch, fitnes tracker, dan smart shoes. Akan tetapi, menurut Jacob Cho yang menjabat sebagai CEO Salted Venture, semua benda tersebut masih berfungsi melacak data dan menyampaikannya tanpa memberikan solusi permasalahan dari data tersebut.

Oleh karena itu, tim Salted Venture mengembangkan perangkat sepatu pintar atau Smart Shoes yang fungsinya tidak hanya sebagai kolektor data, tetapi IOFIT dapat meningkatkan hubungan person-to-person seperti pelatih dengan atletnya.

Untuk memungkinkan hal tersebut, IOFIT dipasangkan dengan sebuah aplikasi berbasis ponsel yang memiliki fitur video playback. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengevaluasi penampilannya terhadap seluruh data yang tampil secara real-time pada layar. Pengguna dapat melihat bagaimana sikap dan postur yang berpengaruh terhadap latihannya dan membandingkannya dengan yang seharusnya menggunakan fitur inti dari IOFIT.

Selain itu, dalam aplikasi yang disertakan IOFIT, terdapat fitur untuk menyesuaikan pelatihan dan menganalisinya dan dapat digunakan untuk memberikan kritik dan saran atau membandingkannya dengan video yang tersimpan sebelumnya.

IOFIT tak hanya ingin penggunanya hanya memanfaatkan fitur yang ada pada perangkatnya, tetapi IOFIT ingin dikembangkan dengan tampilan yang akan membuat penggunanya pun akan merasa senang menggunakannya saat di tempat umum.

[via Samsung Newsroom]