Samsung Kenalkan Sensor Kamera Seluler 108 MP

Samsung Kenalkan Sensor Kamera Seluler 108 MP

Samsung Sensor Kamera 108 Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Berkolaborasi dengan Xiaomi, Samsung Electronics mengembangkan sebuah sensor kamera seluler pertama dengan resolusi yang lebih besar dari 100 MP. Sensor tersebut diumumkan hari ini dengan mengusung nama Samsung ISOCELL Bright HMX.

Dengan mengekspansi sensor gambar 0.8μm yang sebelumnya menawarkan resolusi 64 MP menjadi 108 MP, ISOCELL Bright HMX bakal memiliki resolusi tinggi, yang setara dengan sensor kamera DSLR kelas atas.

Dengan resolusi setinggi 108 MP, sensor ISOCELL Bright HMX akan memungkinkan pengambilan foto dengan hasil yang sangat tajam dan kaya detail, bahkan saat digunakan dalam kondisi pencahayaan yang cukup ekstrem.

Dalam keterangan yang diulas di SamsungNewsroom, Wakil Presiden Eksekutif Bisnis Sensor Samsung mengungkapkan, mereka terus berusaha mendorong inovasi dalam teknologi piksel dan logika, untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL miliknya, agar bisa menangkap dunia sedekat mungkin dengan cara pandang mata kita terhadapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ISOCELL Bright HMX pun menjadi sensor gambar seluler pertama yang mengadopsi ukuran besar 1 / 1,33 inci. Dengan adopsi ini, sensor tersebut dapat menyerap lebih banyak cahaya dalam pengaturan cahaya rendah daripada sensor yang lebih kecil.

Samsung juga menggabungkan piksel dalam sensor tersebut dengan menggunakan teknologi Tetracell, sehingga memungkinkan sensor untuk meniru sensor big-pixel dan menghasilkan gambar 27MP yang lebih cerah.

Mendukung hal tersebut, sensor gambar baru ini juga dilengkapi dengan teknologi Smart-ISO, yakni sebuah mekanisme yang secara cerdas memilih tingkat penguatan sesuai dengan pencahayaan lingkungan, untuk konversi sinyal cahaya-ke-listrik yang optimal.

Di kondisi sangat terang, misalnya, Smart-ISO akan beralih ke ISO rendah untuk meningkatkan saturasi piksel dan menghasilkan foto yang lebih cerah. Sementara di kondisi gelap, mekanisme ini akan menggunakan ISO tinggi untuk membantu mengurangi noise untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas.

Kabar baiknya, ISOCELL Bright HMX tidak hanya memiliki kemampuan yang baik dalam sektor fotografi. Untuk pembuatan film tingkat lanjut, sensor gambar baru ini mendukung perekaman video dengan resolusi hingga 6K (6.016 x 3.384) untuk 30 fps.

Meskipun belum pasti kapan perangkat pertama dengan sensor kamera baru Samsung ini akan diluncurkan, namun Samsung memastikan bahwa mereka akan mulai melakukan produksi masalnya pada akhir bulan Agustus 2019 ini.

[Sumber: Samsung]