Sebentar Lagi, Penggemar Robot Akan Merasakan Pepper Robot yang Dapat Mendukung Sistem Operasi Android

Sebentar Lagi, Penggemar Robot Akan Merasakan Pepper Robot yang Dapat Mendukung Sistem Operasi Android

Papper Robot SDK Banner

[sumber: Youtube]

Kini Pepper Humanoid Robot diklaim mendukung sistem operasi Android. SoftBank Robotics telah mengumumkan bahwa pra penjualan model Pepper untuk para developer akan dimulai pada bulan Juli 2016 mendatang.

Sebelum waktu pra penjualan dimulai, SoftBank menawarkan Pepper SDK versi Beta untuk Android Studio. Dengan SDK ini, para developer kini dapat mengembangkan RoboApps yang dapat digunakan pada platform Android.

Para developer dapat mengakses SDK ini melalui program Pepper Partnership yang baru tersedia di UK. Pada program ini, para developer dapat menggunakan tiga jenis kemitraan, yaitu Robot App Partners, Design Partner, dan Consulting Partner.

Robot App Partner merupakan kemitraan untuk mengembangkan aplikasi robot. Desain Partner merupakan kemitraan untuk merancang pengalaman robot bagi para pengguna. Sedangkan Consulting Partner merupakan kemitraan yang menyediakan konsultasi untuk sosialisasi Pepper kepada perusahaan-perusahaan.

Pepper merupakan sebuah robot humanoid yang dapat berbicara, merasakan emosi, dan menyesuaikan perilakunya sesuai dengan suasana hati manusia di sekitarnya. Robot ini dapat mengidentifikasi berbagai macam emosi dan meresponnya dengan tepat, sehingga interaksinya dengan manusia lebih alami dan intuitif.

Robot ini menggunakan teknologi yang dapat menganalisis apa yang dikatakan oleh seseorang, nada suara yang digunakan, bahkan komunikasi nonverbal, seperti kemiringan kepala atau pun postur tubuh.

Selain itu, Pepper dapat mendeteksi asal suara sehingga Papper akan menghadap pada orang yang berbicara dengan menggunakan 4 buah mikrofon directional yang tertanam dalam kepalanya. Mikrofon tersebut jugadimanfaatkan oleh Pepper untuk menganilsi medan leksikal dan nada suara, sehingga Papper dapat memahami konteks emosional.

Pepper juga dibekali dengan kamera 3D dan 2 buah kamera HD yang tertanam pada wajahnya, sehingga Pepper dapat memproses gambar dengan perangkat lunak pengenalan bentuk wajah untuk mengidentifikasi obyek, wajah individu, dan keadaan emosional dari wajah manusia.

Pepper juga dibekali dengan 3 roda multi-directional yang akan mengizinka robot tersebut bergerak secara bebas. Selain itu, Pepper dilengkapi dengan 20 mesin  yang terletak di kepala, lengan, dan punggungnya untuk mengontrol gerakannya. Dan untuk mendukung kinerjanya, Robot ini ditanami dengan baterai Li-Ion yang diklaim mampu menyimpan daya yang cukup untuk digunakan selam  12 jam.

[Via App Developer Magazine]