Sebentar Lagi Perangkat Chrome OS Dapat Menjalankan Aplikasi Android

Sebentar Lagi Perangkat Chrome OS Dapat Menjalankan Aplikasi Android

Chromebook Android Support Banner

[sumber: Flickr]

Seluruh aplikasi dan game yang ada pada sistem operasi Android akan menyambangi perangkat yang menjalankan sistem operasi Chrome OS. Google berencana akan menanamkan Google Play Store ke dalam Chrome OS versi 53.

Sebagai permulaan, Google akan merilisnya dalam tiga Chromebook terlebih dahulu. Ketiga Chromebook tersebut adalah Asus Chromebook Flip, Acer Chromebook R11, dan tentu saja Chromebook besutan Google, yakni Pixel 2, pada awal bulan Juni 2016.

Selanjutnya, beberapa waktu setelahnya, Google akan merilis fitur tersebut ke dalam beberapa perangkat Chromebook yang lebih banyak dalam versi Beta dan versi Stabil yang direnxanakan akan dirilis pada bulan September 2016.

Seluruh pembaruan ini nantinya akan berlaku untuk kedua arsitektur, baik arsitektur x86 dan arsitektur ARM. Selain itu, Google juga tengah bekerja sama dengan mitra Chromebook besutannya untuk merilis perangkat baru dengan Google Play.

Google tak hanya akan membawa aplikasi Android ke dalam Chrome OS, akan tetapi akan mengusung seluruh Google Play ke dalamnya. Sehingga seluruh aplikasi, yalebih dari 1,5 juta aplikasi yang diterbitkan dalam toko.

Selain aplikasi, para pengguna Chromebook dapat mengakses seluruh konten media dan game dari Google Play Store. Sehingga tak hanya pengguna, para developer juga akan diuntungkan dengan fitur baru ini. Saat mendapatkan fitur ini untuk pertama kalinya, sistem akan memberikan notifikasi tentang pembaruan mayor dari sistem.

Dan untuk menggunakan Google Play Store, pengguna cukup menerima syarat dan ketentuan dari Store, seperti saat menggunakan perangkat Android. Selain membawa Google Play Store ke dalam Chrome OS, Google juga akan menanamkan Android Framework ke dalam perangkat. Dan pada saat sistem mendapat pembaruan, pembaruan juga datang untuk framework tersebut.

[via Venturebeat]