Seberapa Lama Pengguna Mau Menunggu Sebuah Konten Tampil ?


Menunggu itu memang sesuatu yang menjengkelkan. Dan hal ini juga berlaku untuk sebuah aplikasi mobile. Semakin lama si penggunanya menunggu sebuah aplikasi dalam menampilkan konten, menyelesaikan proses, hingga sekedar melakukan transisi, maka akan semakin mudah membuat si pengguna tersebut “pergi” meninggalkan aplikasi tersebut atau bahkan pergi dan tidak pernah kembali :) . Hari ini saya menemukan sebuah infografis yang di dalamnya terdapat informasi seberapa sabar rata rata pengguna untuk menunggu di sebuah aplikasi mobile.

Adalah Carpathia, yang baru baru ini mengeluarkan infografis berjudul “Mobile Content: Usage & Expectations“. Disini mereka mengungkap berapa lama seorang pengguna akan menunggu sebuah web ataupun aplikasi mobile memuat sebuah konten. Dan data yang didapat adalah 5 Detik. Yap, 5 Detik adalah waktu maksimal rata rata pengguna menunggu sebuah konten muncul di aplikasi mobile atau sebuah website.

Di infograpfis ini juga diterangkan bahwa waktu menunggu sebuah konten muncul berkaitan dengan latency (latensi) dan proximity (kedekatan) dari sebuah server. Buat saya pribadi, lokasi dari sebuah server tidak melulu berakibat dengan lamanya waktu load sebuah konten. Perbedaannya sangatlah sedikit, dan tidak bisa dibilang mencapai 5 detik. Yang menjadi masalah menurut saya adalah jaringan mobile yang digunakan serta seberapa besar kemampuan server dalam menangani banyak permintaan dalam satu waktu.

Memang benar bahwa banyak perusahaan besar di bidang IT meletakan servernya dibeberapa negara, yang dekat dengan kosentrasi pengguna potensial mereka. Tapi saya rasa alasan utamanya adalah soal keamanan, legislatif, politik dan lebih ke arah scaling. Masalah utamanya bukan dari masalah kecepatan akses.

Dan masalah latency bukanlah hanya disebabkan dari masalah jaringan saja. Akses storage juga bisa menjadi masalah yang menyebabkan tingkat latency membesar. Tentunya bagi para pengembang aplikasi sudah paham mengenai hal ini. Tapi secara keseluruhan, waktu 5 detik tersebut bisa dijadikan acuan tersendiri untuk bisa menghasilkan user experience yang lebih baik dan optimal baik bagi aplikasi dengan target pengguna lokal maupun global.

Untuk lebih lengkapnya berikut adalah infografis dari Carpathia, yang berjudul Mobile Content: Usage & Expectations.