Selamat Tinggal MeeGo, Selamat Datang Tizen

Selamat Tinggal MeeGo, Selamat Datang Tizen

RIP MeeGoSetelah sebelumnya Nokia telah memutuskan untuk fokus di Windows Phone 7 untuk smartphone mereka di masa depan dan meninggalkan MeeGo, dan juga setelah kolaborasi Intel dan LG untuk mengembangkan MeeGo tidak jadi dilaksanakan, kini MeeGo akan diubah menjadi Tizen. Intel akhirnya ikut meninggalkan MeeGo dan lalu bekerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan sistem operasi mobile  baru, Tizen, untuk menggantikan MeeGo.

Tizen sendiri nantinya akan menjadi sistem operasi mobile yang bersifat open source dan berbasis linux serta dapat digunakan di berbagai macam perangkat elektronik termasuk smartphone, tablet, smart TV, netbook, dan sistem hiburan di mobil. Tizen juga mendukung aplikasi berbasis HTML 5 dan WAC.

Lalu bagaimana dengan nasib para pengembang aplikasi yang mengembangkan aplikasi di platform MeeGo? Representatif MeeGo mengatakan bahwa mereka akan membantu sebisa mungkin para pengembang aplikasi untuk dapat mentransisikan aplikasi yang sudah mereka buat ke platform Tizen. Mereka juga akan mengusahakan para pengguna MeeGo agar dapat dengan mudah betransisi ke Tizen.

Uniknya, peran Samsung di pengembangan Tizen sepertinya cukup penting sedangkan Samsung sendiri saat ini sudah mendukung banyak sistem operasi mobile, sebut saja Android, Windows Phone, dan Bada. Dari yang saya ketahui, bukanlah hal yang mudah untuk suatu vendor handphone dalam mendukung banyak sistem operasi mobile. Entah apakah dengan mengepalai pengembangan Tizen itu berarti Samsung mulai bergerak menjauhi salah satu sistem operasi mobile yang mereka gunakan saat ini yang kemungkinan besar adalah Android. Cukup masuk akal jika itu terjadi karena Samsung sendiri sudah disarankan oleh pemerintah Korea Selatan untuk mengembangkan sistem operasi mobile sendiri setelah Google mengakuisisi Motorolla Mobility.

Dengan jalur panjang pengembangan MeeGo yang sebelumnya adalah gabungan dari Intel Moblin dan Nokia Maemo dan sekarang akan diganti dengan Tizen, sepertinya akan sulit untuk merayu pengembang aplikasi karena ketidak konsistenannya. Namun, kita lihat saja apakah Tizen nantinya akan dapat sukses dan mengungguli sistem operasi mobile lainnya. Kabarnya Tizen akan dirilis di awal tahun 2012 dan handphone berbasis Tizen akan dirilis pada pertengahan tahun 2012. Mari kita tunggu dan lihat.