Sencha Touch – Framework Lengkap Untuk Kembangkan Aplikasi Web Mobile yang Cross-Platform

Sencha Touch – Framework Lengkap Untuk Kembangkan Aplikasi Web Mobile yang Cross-Platform

Sencha Touch Header

Kini perangkat gadget banyak digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari. Dengan hal itu membuat kebutuhan akan aplikasi dalam perangkat tersebut menjadi lebih banyak. Bagi developer yang terbiasa dengan pemrograman web dapat juga membuat aplikasi untuk perangkat mobile dengan beberapa macam framework yang salah satunya adalah Sencha Touch.

Bisa dibilang Senca Touch ini merupakan sebuah framework yang dikembangkan oleh Sencha Inc. untuk membantu developer dalam mengembangkan aplikasi web mobile dengan menggunakan HTML5 dan Javascript.

Nantinya dengan menggunakan Senca Touch ini memungkinkan aplikasi web mobile yang dibuat dapat diterbitkan di iOS, Android, Windows Phone 8.1, Tizen, Blackberry 10, dan masih banyak lagi. Menurut pihak Sencha, framework ini akan memberikan pengalaman penggunanya terhadap aplikasi web mobile layaknya seperti sedang menggunakan aplikasi native pada perangkat mobile yang digunakan.

Sencha Touch menyediakan berbagai koleksi UI widget yang biasanya digunakan pada aplikasi mobile seperti list, carousal, form, menu, toolbar, dan masih banyak lagi yang diciptakan secara khusus untuk membantu developer dalam mengembangkan aplikasi web mobile yang dapat berjalan layaknya aplikasi native.

 

Dengan framework ini developer dapat menyusun tata letak dengan memanfaatkan HTML5 untuk membangun aplikasi mobile yang memiliki respon dan load yang cepat pada perangkat gadget. Dalam hal ini framework membantu dalam melakukan animasi aplikasi seperti perubahan bentuk aplikasi ketika gadget dirotasi, scroll, dan animasi lainnya yang dapat membuat aplikasi menjadi menarik.

Tak ketinggalan, Sencha menyematkan “charting package” pada Sencha Touch agar memudahkan developer dalam membuat beragam grafik menarik mulai dari grafik garis, bar, hingga pie. Dengan ini membuat aplikasi web mobile yang telah dikembangkan menggunakan HTML 5 dapat memiliki desain grafik yang menarik. Selain itu, Sencha Touch juga menyediakan animasi dan interaksi seperti mencubit untuk memperbesar objek, menggeser untuk menyematkan objek, dan masih banyak lagi.

Sencha Touch ini memang sangat bekerja dengan maksimal pada browser di perangkat mobile sehingga memberikan pengalaman layaknya aplikasi native. Namun untuk membuat aplikasi yang dikembangkan dengan Sencha Touch benar-benar menjadi aplikasi native dapat mencoba integrasinya terhadap PhoneGap atau Apache Cordova.

Untuk membangun aplikasi native dengan PhoneGap maupun Apache Cordova ini developer dapat menggunakan Sencha Cmd yang merupakan paket aplikasi agar aplikasi yang dibuat nanti dapat diterbitkan di berbagai platform hanya dengan satu perintah.

Jika pembaca maupun developer ingin mengetahui contoh aplikasi, grafik, komponen, utilitas, dan plugin yang disediakan oleh Senca Touch dapat langsung mengunjungi halaman resmi aplikasi contoh Sencha Touch.

Dengan menggunakan Sencha Touch ini aplikasi web mobile yang dikembangkan memiliki rasa yang sama dengan aplikasi native yang berjalan pada sebuah perangkat mobile. Bagi pembaca maupun developer yang tertarik mengembangkan aplikasi web mobile menggunakan framework ini dapat langsung mengunjungi situs resmi Sencha Touch.

sencha all ver