Seribu Developer Kumpul di Yogyakarta, Berbagai Sesi dan Stand Festival Mereka dalam BEKRAF Developer Day

Seribu Developer Kumpul di Yogyakarta, Berbagai Sesi dan Stand Festival Mereka dalam BEKRAF Developer Day

Bekraf Developer Day Banner

Sabtu kemarin, tepatnya pada tanggal 30 Juli 2016, Badan Ekonomi Kreatif bersama Dicoding mengundang seluruh developer untuk berkumpul di Yogyakarta dalam sebuah acara BEKRAF Developer Day. Kurang lebih seribu orang developer datang dan memeriahkan acara yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Sheraton Mustika. Berbagai keynote, live coding, dan talkshow memeriahkan acara tersebut.

Sebelum acara dimulai, para peserta harus melakukan registrasi ulang untuk mengikuti acara ini. Setelah melakukan registrasi ulang, beberapa stand menyambut mereka, termasuk di dalamnya komunitas ID Android, BEKRAF, Gamelan, Aditif, Deputi Akses Permodalan BEKRAF, Samsung, Agnosthing, dari XL Axiata, Dirakit, Digiware, dan IBM.

Bekraf Developer Day 3

 

Acara BEKRAF Developer Day dimulai dengan beberapa sesi keynote yang sangat menarik pada pukul 09.30 WIB. Pada sesi pertama, Hari Sungkari selaku Deputi Infrastruktur BEKRAF menyampaikan berbagai hal tentang bagaimana membangun kemandirian bangsa melalui digital. Dilanjutkan dengan keynote sesi kedua, Joseph Lumban Gaol selaku Chief Digital Service Officer XL Axiata menyampaikan bagaimana developer dapat berperan dalam membangun sebuah kota kreatif.

Selanjutnya, Gunawan Susanto selaku President Director IBM Indonesia membawakan materi tentang Cognitive Computing, dan menggaris bawahi bagaimana pentingnya partnership dalam pembangunan dalam era digital.

Harry K. Nugraha selaku Country Manager Intel Indonesia menyampaikan bagaimana masa depan menjadi milik para maker dan apa IoT sebenarnya pada sesi keynote selanjutnya. Dan menambahkan sesi sebelumnya, Alfred Boediman selaku VP of Samsung R&D Institute Indonesia menyampaikan hal-hal teknis tentang IoT.

Bekraf Developer Day 1

Acara dilanjutkan dengan sebuah talkshow yang menghadirkan beberapa deputi BEKRAF dipandu oleh Irwan Kartadipura selaku CEO Maliome. Sesi ini membahas banyak hal tentang berbagai macam program pemerintah untuk industri digital kreatif melalui BEKRAF, termasuk di dalamnya permodalan, infrastruktur pendukung, fasilitas, regulasi, dan perhatian pemerintah terhadap industri digital kreatif. Dan acara dilanjutkan dengan sedikit ringkasan dari Narendra Wicaksono selaku CEO Dicoding.

Bekraf Developer Day 2

Pada sesi selanjutnya, para peserta dibagi menjadi empat kelas dan dapat memilih sendiri kelas yang akan diikuti. Terdapat empat kelas dalam sesi ini, yaitu Web, Aplikasi, Game, dan IoT, yang masing masing menghadirkan sesi inspirasi, talkshow, dan beberapa menampilkan sesi live coding.