Categories: Berita

Skiller : Social Game Multi Platform untuk S40, BlackBerry, Android hingga WindowsPhone

Aplikasi game di perangkat bergerak sudah menjadi barang wajib saat ini. Fungsi bermain game boleh dibilang menjadi salah satu fitur yang hampir dimiliki hampir setiap handphone dipasaran saat ini disamping kamera. Trend bermain game di perangkat bergerak pun mulai bergerak dari single player menjadi multiplayer, dari offline menjadi online dan tentunya menjadi semakin sosial. Konsep seperti ini disebut sebagai social game. bagi para pengembang aplikasi, sudah banyak tools bermuculan untuk mempermudah pengimplementasian social game di berbagai platform. Tetapi agak sedikit sulit menemukan platform social game yang bisa berjalan di atas platform j2me atau s40. Salah satu yang saya temukan adalah platform social game bernama Skiller.

Skiller adalah perusahaan asal Israel yang fokus mengembangkan platform social game di paltform Android, WindowsPhone, BlackBerry dan j2me/s40. Di awal berdirinya, mereka lebih fokus meraih pasar feature phone seperti nokia, motorola, hingga sonny ericsson.

Skiller membantu para pengembang apliaksi mobile untuk bisa membuat produk mereka memiliki aspek multiplayer, sosial, dan tentunya membantu untuk mendapatkan keuntungan dan juga memantau perkembangan game mereka di pasar. Berikut adalah detil fitur fitur yang ditawarkan oleh Skiller.

Multiplayer – Game yang dibuat dapat dengan mudah menerapakan konsep multiplayer (realtime atau turn-based) tanpa harus memikirkan sisi teknikal secara kompleks bahkan tanpa harus memikirkan server, protokol, skalabilitas dan lain sebagainya.

Tournaments & Challenges – Pengembang aplikasi dapat membuat turnamen secara mudah di periode waktu yang juga bisa ditentukan. Pengembang aplikasi juga bisa menetukan syarat untuk mengikuti sebuah turnamen, misalnya harus membayar menggunakan uang virtual, dan lain sebagainya.

Cross Platform Solution – Kedua fitur diatas bisa juga dimainkan secara multi platform. Jadi antara pengguna handphone feature phone (Nokia, Motorola, dll) dapat bermain dengan pengguna smartphone seperti Android, WindowsPhone hingga BlackBerry.

Leaderboards – Untuk menaikan daya tarik kompetitif sebuah game fitur leaderboard saya rasa sangat penting untuk diimplementasikan. Para pengembang aplikasi sudah bisa menerapkan fitur ini lewat Skiller bahkan di handphone berplatform j2me/240. Pengguna bisa berkompetisi dengan sesama teman mereka ataupun dengan pengguna lain di seluruh dunia.

Game Achievements – Selain leaderboard, game achievement juga bisa membantu membuat pengguna teradiksi secara tidak langsung. Kurang seru rasanya jika bermain game tanpa ada target tertentu.

Social Achievements – Ini merupakan fitur yang cukup menarik dari Skiller. Pengembang aplikasi game dapat memeberikan achievement yang lebih sosial misalnya “Play with 5 people from 5 different countries and get 20 coins“.

Buddy List – Pengembang aplikasi bisa menyuguhkan fitur pertemanan seperti undang teman, atau bahkan mencari teman dari pemain game tersebut di seluruh dunia. Semakin banyak teman yang dimiliki maka akan semakin mudah mendapatkan achievement, atau sekedar teman ngobrol di dalam game tersebut.

Chat & Messaging – Selain berkompetisi, pengguna juga bisa berinteraksi dengan pemain lainnya lewat fitur ini. Pengembang apliaksi pun tidak perlu repot repot lagi untuk membuat fitur semacam ini bisa berjalan di atas game mereka.

Personal Profile & Avatar – Personalisasi pengguna di dunia maya juga cukup penting, untuk membuat game mobile semakin menarik. Sekali lagi pengembang aplikasi tidak perlu pusing untuk membuat fitur ini ada di game mereka.

In-App Purchase – Fitur yang saat ini bisa dibilang sedang naik daun untuk mendapatkan keuntungan dari game yang dibuat. Pengembang aplikasi bisa menyguhkan item item yang bisa dibeli oleh pengguna. Sejauh ini info yang saya dapat, Skiller menyuguhkan payment dengan SMS, Paypal, ataupun kartu kredit. Tapi saya sendiri belum tau pasti mengenai implementasinya di Indonesia.

Virtual Currency – Pengembang aplikasi juga bisa menyuguhkan uang virtual, yang bisa dibeli misalnya untuk bisa bergabung di sebuah turnamen, atau mungkin membeli virtual item yang ada.

Advertisements – Skiller juga menyuguhkan kanal Advertisement yang bisa digunakan pengembang aplikasi untuk menghasilkan keuntungan tambahan.

MAU / DAU / WAU – Pengembang aplikasi juga bisa memantau pengguna aktif bulanan, harian hingga mingguan di dalam sebuah produk game mereka. Jadi pengembang aplkasi bisa mengoptimalkan perkembangan produk mereka dengan lebih efektif.

Demographics – Karena setiap pengguna nantinya akan memasukan data pribadi seperti lokasi, jenis kelamin dan lain sebagainya, pengembang aplikasi bisa memantau apakah produk mereka sudah bisa meraih target pasar yang pas atau bahkan bisa melihat peluang emapuk untuk produk selanjutnya.

Retention rate – Pengembang aplikasi bisa memantau lebih lanjut seberapa lama seseorang memainkan game mereka, dan seberapa sering game tersebut dimainkan. Atau bahkan memantau aktivitas pengguna setelah ada perubahan atau tambahan fitur di game mereka.

Saya sendiri cukup merekomendasikan Skiller kepada para pengembang game, khususnya di platform j2me/s40. Pengguna feature phone di Indonesia sendiri terbilang cukup besar, dan sangat menarik jika bisa membuat mereka merasakan pengalaman bermain game mobile seperti pengguna smartphone.

Share
Published by
Putra Setia Utama

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019