Smarthalo – Perangkat Canggih yang Dapat Membuat Sepeda Menjadi Pintar

Smarthalo – Perangkat Canggih yang Dapat Membuat Sepeda Menjadi Pintar

Smarthalo header

Sepeda merupakan salah satu solusi kendaraan yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi di udara. Selain ramah lingkungan, sepeda juga dapat membuat penggunanya lebih sehat dan bugar. Beberapa waktu lalu, salah satu startup asal Kanada, Smarthalo, mengembangkan produk menarik untuk sepeda yang bernama sama yakni Smarthalo.

Smarthalo sendiri merupakan perangkat canggih yang dapat digunakan penggunanya untuk membuat sepeda menjadi pintar. Perangkat berbentuk bulat ini sendiri dapat diempatkan pada posisi tengah stang sepeda. Beberapa fitur yang dihadirkan pada Smarthalo ini adalah sistem navigasi pintar, lampu depan, pemantau aktivitas, alarm anti maling, dan notifikasi.

Fitur paling utama dari Smarthalo ini adalah sistem navigasi yang pintar dengan bantuan GPS dimana nantinya pengguna terlebih dahulu menentukan posisi peta untuk sampai daerah tujuan pada ponsel pintar yang berbasis Android maupun Apple.

Selanjutnya ketika navigasi peta berjalan, maka perangkat Smarthalo ini akan memberikan lampu berwarna hijau yang akan menunjukkan arah yang harus dilalui oleh penggunanya. Ketika navigasi peta menunjukkan bahwa harus berjalan ke depan maka lampu hijau setengah lingkaran akan mengarahkan ke depan.

smarthalo all

Selain itu, ketika navigasi peta menunjukkan arah harus ke kiri maupun ke kanan maka lampu hijau yang tampil adalah seperempat lingkaran di arah kiri maupun depan. Namun ketika terjadi belokan untuk memutar ke belakang maka lampu akan berubah menjadi warna merah setengah lingkaran di bagian bawah.

Setelah penggunanya sampai ditempat tujuan maka lampu hijau akan berubah menjadi lingkaran penuh. Selain itu, penggunanya dapat megaktifkan fitur alarm anti maling yang nantinya akan membuat smarthalo mengeluarkan bunyi alarm keras dengan lampu merah ketika sepeda dibuka paksa dari kuncian oleh pencuri.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, penggunanya dapat juga memanfaatkan fitur pemantau aktivitas otomatis yang dapat tersinkronisasi dengan aplikasi di ponsel pintar berbasis Android maupun iOS. Pada saat fitur ini diaktifkan maka lampu berwarna merah muda akan aktif dan selanjutnya pengguna perangkat ini dapat memantau waktu, jarak, kecepatan rata-rata, kalori yang terbakar, dan elevasi.

Fitur lainnya adalah lampu depan yang berfungsi untuk menjadi penerangan ketika dalam perjalanan menggunakan sepeda. Lampu ini dapat secara otomatis menyala ketika digunakan atau mati ketika tidak digunakan. Selain itu, smarthalo ini juga dapat memberikan notifikasi telepon atau cuaca hujan badai dengan menyalakan lampu biru di bagian tengah lingkaran.

Bagi pembaca yang tertarik untuk membuat sepeda menjadi pintar dengan Smarthalo ini dapat memesannya melalui situs Kickstarter sebesar US$ 99 atau menunggu perangkat ini rilis pada bulan Mei 2016 di toko dengan harga sebesar US$ 149.

Smarthalo All ver