SoftBank Akusisi ARM Sebanyak 32,4 Miliar Dollar Agar Jadi Pemain Utama Dalam Komunikasi Mobile

SoftBank Akusisi ARM Sebanyak 32,4 Miliar Dollar Agar Jadi Pemain Utama Dalam Komunikasi Mobile

SoftBank Akuisisi ARM Banner

[Sumber: Pixabay]

Perusahaan komunikasi mobile besar Jepang, yaitu SoftBank Group, sedang dalam proses untuk  mencapai kesepakatan akuisisinya terhadap ARM. Berdasarkan laporan pada Venturebeat, nilai akuisisi yang ditawarkan untuk ARM adalah sekitar 32,4 miliar dollar dalam bentuk tunai.

Proses akuisisi ini sudah cukup dekat. Dan jika akuisisi ini telah berhasil, SoftBank dapat menjadi pemain utama dalam komunikasi mobile. Langkah ini juga memberikan pijakan besar dalam industri chip yang lebih luas.

ARM merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Cambridge, Inggris. Perusahaan tersebut merancang arsitektur yang mendasari chip yang saat ini telah menjadi dasar miliaran chip yang dikirimkan oleh mitra perancang perangkat keras dan chip yang menggunakan arsitektur tersebut dalam merancang bagian untuk perangkat keras mobile, dari mulai ponsel pintar sampai dengan prosesor untuk Internet of Things.

Tidak dijelaskan secara jelas mengapa SoftBank berupaya mengakuisisi ARM, tetapi sangat jelas SoftBank membuat taruhan besar dalam industri komunikasi mobile. Hal ini seperti pembelian dari operator seluler Sprint di Amerika Serikat. Ketika pembuat chip seperti Qualcomm atau Apple yang menggunakan prosesor berbasis ARM dalam desain mereka, ARM menerima pembayaran royalti untuk penggunaan teknologinya.

Pada tahun 2015, ARM telah menyebarkan lebih dari 15 miliar chip ke seluruh penjuru dunia melalui mitranya. Dan sementara itu, hampir semua orang berinteraksi dengan perangkat digital yang menggunakan teknologi ARM setiap harinya. ARM juga mengatakan telah menandatangani lisensi dengan 173 perusahaan yang akan menggunakan desain arsitektur prosesornya dalam beberapa tahun mendatang selama tahun 2015.

[Via Venturebeat]