Spotify Dikabarkan Sedang Berusaha Akuisisi SoundCloud

Spotify Dikabarkan Sedang Berusaha Akuisisi SoundCloud

spotify-akuisisi-souncloud-banner

[Sumber: Flickr]

Spotify dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi perusahaan SoundCloud. Namun, belum jelas bagaimana dan apa alasan Spotify akan mengakuisisi SoundCloud. Venturebeat memperkirakan hal tersebut salah satunya adalah upaya Spotify untuk mengalahkan layanan musik milik Apple, yang terus meningkat popularitasnya.

Dalam laporannya, Venturebeat juga mengutip laporan Financial Times yang menyatakan bahwa terdapat dua buah layanan musik yang paling banyak digunakan akhir-akhir ini, yaitu Spotify dan Apple Music. Pada bulan ini, Spotify telah mendapatkan 40 juta pelanggan berbayar dengan total pendengar lebih dari 100 juta. Sedangkan Apple Music telah memiliki seitar 17 juta pengguna dalam kurun waktu yang sangat sebentar jika dibandingkan dengan Spotify.

Dengan menggabungkan SounCloud ke pihaknya, Spotify dapat memperoleh layanan dengan kemampuan sosial, serta kemampuan media tambahan lain seperti podcast, video, dan masih banyak lagi.

Rumor yang beredar menyatakan bahwa Spotify berencana untuk melakukan penawaran umum perdana pada tahun 2017 mendatang. Tentu saja, dengan hal tersebut, Spotify akan membawa perusahaan dengan kemampuan lebih banyak kepada investor, dan menunjukan pontensi dari layanan musik untuk berkompetisi dengan perusahaan lain.

Pada konferensi MobileBeat, Brendan O’Driscoll selaku pemimpin bidang Bot dan AI menyatakan bahwa Spotify memiliki sebuah tujuan untuk membuat music concierge yang dapat mengatur daftar musik yang sesuai dengan mood penggunannya. Hal ini mungkin menjadi sesuatu yang memberikan harapan, tetapi kemampuan yang dimiliki SoundCloud dapat membantu evolusi Spotify dari layanan musik menjadi sesuatu yang lebih dari itu.

[Sumber: Venturebeat]

,