Spring Framework,Bantu Kembangkan Aplikasi Java Dengan Mudah

Spring Framework,Bantu Kembangkan Aplikasi Java Dengan Mudah

gambar spring framework header
Spring Framework

Sering kita mendengar banyaknya framework untuk bahasa pemrograman web yang populer seperti framework PHP, di antaranya Laravel, CodeIgniter, Yii, dan masih banyak lagi. Tetapi untuk developer dengan bahasa pemrograman Java padahal sudah banyak framework yang tersedia, salah satunya adalah framework yang bernama Spring. Framework satu ini membantu membuat aplikasi yang berbasis JVM (Java Virtual Machine) yang fleksibel.

Spring Framework adalah sebuah framework atau kerangka kerja yang bersifat open-source. Spring ini diciptakan oleh Rod Johnson yang bertujuan untuk mengatasi masalah desain sistem dalam pengembangan aplikasi enterprise. Selain itu, Spring juga mengimplementasikan beberapa teknologi IoC (Inversion of Control) kedalam sebuah MVC (Model-View-Controler).

Spring Framework menggunakan teknik pemrograman yang sederhana, model pemrograman dengan Spring cukup mudah, namun rapi. Hal Ini memudahkan bagi para developer pemula untuk mempelajarinya. Jika mempelajari Spring, para developer berevolusi menjadi developer yang lebih baik. Hal ini karena framework Spring mendorong untuk membuat kode program yang modular dan independen. Hasilnya, kode program yang dibuat akan lebih rapi, mudah dites, dan terstruktur dengan baik.

Dengan menggunakan Spring Framework, developer dapat membuat aplikasi enterprise ataupun web. Selain itu juga, para developer dapat membuat aplikasi untuk keamana dan aplikasi yang terkait dengan big data. Spring termasuk portabel karena aplikasi yang dikembangkan dapat berjalan pada JVM manapun. Untuk menggunakan Spring, developer dapat menggunakan Eclipse atau Netbeans.

Tapi jika developer menggunakan Eclipse, bisa menggunakan Spring Tool Suites yang merupakan tool pengembangan berbasis Eclipse yang disesuaikan untuk mengembangkan aplikasi Spring. Ini merupakan tool yang siap digunakan, debug, run dan deploy aplikasi Spring termasuk integrasi untuk Pivotal tc Server, Pivotal Cloud Foundary, Git, Maven, AspectJ dan lainnya.

Spring Framework ini mempunyai fitur yang menyediakan layer abstrak generik untuk manajemen transaksi yang memudahkan developer. Selain itu, ada juga fitur JDBC Exception Handling yang berguna bagi developer yang memudahkan dalam menangani error. Spring juga merupakan framework AOP terbaik. Yang paling menarik adalah Spring menyediakan integrasi dengan framework lain.

Bagi pembaca atau developer yang tertarik untuk belajar Spring Framework ini, bisa mengujungi situs yang menyediakan tutorial seperti tutorialspoint.com.