Stack Overflow Developer Survey 2016 : JavaScript Bahasa Pemrograman Favorit Developer

Stack Overflow Developer Survey 2016 : JavaScript Bahasa Pemrograman Favorit Developer

Stack Overflow Banner

Pada tahun 2016, Stack Overflow mengadakan sebuah survei tentang orang-orang yang melakukan pemrograman di dunia. Pada survei ini, 56.033 orang dari 173 negara ikut berpartisipasi dengan memberikan jawabannya terhadap 45 pertanyaan dari Stack Overflow yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Secara garis besar, survei tersebut dilaksanakan untuk mengetahui hal-hal terkait dengan profil dari developer, teknologi yang digunakan, pekerjaannya, dan komunitasnya. Tentu saja yang disampaikan tak hanya sesederhana itu, Stack Overflow menyampaikannya dengan sangat rinci di dalam hasil surveinya.

Pada bulan Januari 2016 ini, sekitar 46 juta orang mengakses Stack Overflow dengan berbagai kepentingan, seperti mencari bantuan atau memberikan bantuan developer lain dan 15 juta di antaranya diperkirakan sebagai developer-developer profesional. Akan tetapi, Stack Overflow hanya dapat memperoleh partisipan sekitar 4 persen developer di seluruh dunia.

Grafik Jenis Developer

[sumber: Stack Overflow]

Dari developer-developer yang ikut berpartisipasi, 28 persen di antaranya merupakan Full-Stack Web Developer, dan merupakan nilai terbesar dibandingkan dengan jenis peran lainnya. Selain itu, developer menjadi pilihan utama sebagai identitas yang digunakan dengan persentase sebesar 71,6 persen dari keseluruhan respon, sedangkan untuk Programmer 60,3 persen dan Engineer sekitar 41,8 persen.

Grafik Identitas

[sumber: Stack Overflow]

Stack Overflow juga menyampaikan data bahwa partisipan yang mengikuti survei rata-rata berumur sekitar 29,6 tahun dengan jumlah developer terbanyak berusia sekitar 25 sampai 29 tahun, yaitu sebesar 28,4 persen. Selain itu, rata-rata dari mereka telah memiliki pengalaman di bidang Teknologi Informasi atau pemrograman sekitar 6,5 tahun, dengan lama pengalaman paling banyak berada pada 2 sampai 5 tahun yang memiliki jumlah 32,1 persen.

Berdasarkan jenis kelamin developer yang menjadi responden, 92,8 persen merupakan developer laki-laki dan 5,8 persen lainnya adalah perempuan. Dan dengan persentase sedikit dibandingkan dengan laki-laki, kebanyakan developer perempuan memilih menjadi desainer dibandingkan jenis peran developer yang lain.

Grafik pendidikan

[sumber: Stack Overflow]

Dan apabila dilihat berdasarkan pendidikannya, kebanyakan developer yang mengisi survei meyatakan bahwa mereka belajar secara mandiri, bahkan hanya 2,1 persen developer yang memiliki gelar PhD. Sebanyak 69,1 persen developer mempelajari kemampuannya melalui belajar secara mandiri. Dan tentunya hal ini tak terlepas dari bahasa pemrograman yang digunakan.

Sejak tahun 2014 hingga tahun 2016 ini, JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan, mengalahkan SQL yang sebelumnya menduduki peringkat tertinggi sebagai bahasa yang paling banyak digunakan. Menurut data yang disampaikan Stack Overflow, hanya pada sepanjang awal tahun 2016 ini, sekitar 55,4 persen dari responden memilih JavaScript sebagai salah satu bahasa yang digunakan. Selain itu, JavaScript menjadi tag yang paling banyak digunakan di Stack Overflow pada Juni 2015.

Grafik Teknologi Populer

[sumber: Stack Overflow]

Selain itu, penulisan baris-baris kode tentu tak terlepas dari text editor atau coding tools dan sistem operasi yang digunakan. Notepad ++ dan Visual Studio menjadi lingkungan pengembangan yang paling banyak digunakan dengan persentase 35,6 persen. Dan Mac OS X menjadi sistem operasi paling banyak digunakan pada tahun 2016, setelah tahun-tahun sebelumnya didominasi oleh penggunaan Windows 7.

Grafik Prioritas dalam Mnecari Job

[sumber: Stack Overflow]

Stack Overflow juga menyampaikan beberapa data terkait dengan pekerjaan developer. Dari total responden yang mengisi survei, 67,8 persen merupakan pekerja Full-Time. Selain itu, 63,1 persen tidak mencari pekerjaan baru dengan aktif tetapi membuka kesempatan untuk menerima pekerjaan baru. Dan secara umum, para developer akan menerima pekerjaan baru dengan memprioritaskan gaji terlebih dulu. Selain itu, para developer lebih tertarik untuk mempelajari teknologi baru daripada membangun sesuatu yang baru.

Dan dalam data survei disampaikan bahwa developer yang bekerja di bidang gaming lebih menyukai pekerjaannya. Meskipun para developer paling banyak bekerja di industri produk-produk perangkat lunak, yaitu sekitar 22,7 persen. Selain itu, pada data disampaikan bahwa kebanyakan developer jarang bekerja jarak jauh.

Stack Overflow juga menjelaskan bahwa berdasarkan data dari survei, lebih dari setengah developer mengunjungi Stack Overflow beberapa waktu setiap harinya. Dan 78 persen developer menyebutkan bahwa mereka mengunjungi Stack Overflow setiap hari dengan tujuan paling banyak untuk mendapatkan bantuan dari pekerjaannya.

 

[via Stack Overflow]