Stellar-Ø – Membalut Game Dengan Nilai Seni

Stellar-Ø – Membalut Game Dengan Nilai Seni

Stellar-Ø

Baru-baru ini saya memainkan mini game yang berjudul Koutack di sebuah situs. Game ini bisa dibilang menarik karena menawarkan tampilan minimalis dan cara permainan yang terbilang sederhana namun unik.

Karena penasaran mengenai pembuat game ini akhirnya saya memutuskan untuk melihatnya di menu “credit”. Hasilnya adalah Stellar-Ø yang merupakan pengembang game tersebut. Selanjutnya saya mengunjungi situs resmi Stellar-Ø dan melihat game yang telah dirilis oleh pengembang game ini.

Bisa dibilang Stellar-Ø cukup produktif dalam mengembangkan game berbasis web maupun mobile. Karya game yang mereka kembangkan memiliki desain gambar yang artistik dan jenis permainan yang menarik.

Terbentuknya Stellar-Ø

Stellar-Ø header

Stellar-Ø ini sendiri dikembangkan oleh pada tahun 2010 oleh tiga orang sekawan yang terdiri dari Lazcht sebagai desainer grafis, Clea Leshlick sebagai komposer musik, dan Rico Lemba sebagai programmer. Mereka membuat studio game ini karena kecintaannya terhadap dunia game dan seni.

Awalnya, Stellar-Ø ini merupakan studio yang menyediakan jasa dalam pembuatan audio dan visual baik itu game maupun kebutuhan lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, Stellar-Ø akhirnya ikut mengembangkan game baik itu web maupun mobile.

Dengan tiga orang pendiri sekaligus tim inti ini Stellar-Ø terus berkarya mengembangkan game-game yang bisa dibilang menarik. Hal ini dapat terjadi karena ketiga orang ini memiliki gairah dan menyatukan visinya untuk membuat game yang dapat dimainkan oleh orang banyak.

Dengan tim yang hanya terdiri dari beberapa orang ini membuat interaksi satu sama lainnya menjadi lebih dekat dan mudah tanpa harus banyak orang. Selain itu, dalam urusan koordinasi menjadi lebih ringan dibandingkan tim pembuat game yang besar.

Meskipun studio ini hanya memiliki beberapa pegawai, namun game yang dihasilkannya memiliki ciri khas tersendiri mulai dari desain grafis, musik, hingga cara permainannya. Salah satu game Stellar-Ø yang terkenal adalah Layer.

Game Layer ini tersedia untuk iPhone dan iPad. Beberapa kali pernah difitur oleh Apple di toko aplikasi Apple App Store. Game ini sendiri awalnya merupakan game Koutack yang berbasis web. Dalam game ini pemainnya ditantang untuk memecahkan teka-teki kotak berwarna agar tersusun menjadi satu lapisan (layer).

Selain itu, Stellar-Ø telah menghasilkan juga beberapa game yang terdiri dari Late Lino, Wonderland, Pixle, Outsmart, dan Sword of August yang dapat dimainkan dengan mengunjungi situs resmi Stellar-Ø.

Strategi Untuk Mendapatkan Keuntungan

Dalam menghasilkan keuntungan dan pendapatan, ketiga pendiri utama Stellar-Ø  memiliki beberapa strategi yang terdiri dari metode sponsor, menjual aplikasi langsung di toko aplikasi, dan menyediakan jasa untuk kebutuhan dalam pembuatan game.

Salah satu game yang menggunakan metode menjual aplikasi langsung di toko aplikasi adalah Layer. Game yang merupakan pengembangan dari game Koutack berbasis web. Layer ini sendiri telah tersedia di toko aplikasi Apple App Store dengan harga sebesar 23 Ribu Rupiah.

Dalam penerbitan di toko aplikasi Apple Apple Store ini Stellar-Ø bekerjasama dengan penerbit yang telah terkenal yaitu Gamenauts. Menariknya game Layer ini telah banyak diunduh oleh pengguna iPhone maupun iPad. Selain itu, game ini telah difitur beberapa kali di Apple App Store.

Selain membuat game, Stellar-Ø ini juga menyediakan jasa untuk kebutuhan dalam pembuata game seperti ilustrasi karakter, konsep karakter, konsep lingkungan, konsep tampilan antarmuka, komposisi musik, efek suara, dan aset game seperti efek animasi, pixel art, dan masih banyak lagi.

Stellar-Ø juga mempunyai harapan agar kedepannya pelaku industri lokal bisa tetap punya idealisme terhadap game sebagai karya seni, bukan sekedar memperlakukan game sebagai lahan cari uang.

 

Stellar-Ø game