Streaming Musik Berbasis Cloud dan Prospeknya di 2012

Streaming Musik Berbasis Cloud dan Prospeknya di 2012

Industri musik di tahun 2011 dan beberapa tahun terakhir cukup memiliki keterkaitan dengan dunia digital. Mulai dari Ring Back Tone (RBT), iTunes, hingga layanan streaming musik berlangganan. Hal ini mau tidak mau semakin menyingkirkan produk konvensional seperti kaset maupun CD. Begitu juga di tahun 2012 nanti, digitalisasi konten musik akan semakin mempengaruhi industri musik itu sendiri. Yang jadi pertanyaan konsep musik seperti apakah yang akan muncul di tahun 2012 dilihat dari sisi dunia digital?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa RBT dan Musik download berbayar masih akan menjadi ujung opsi di musik digital dunia. Hanya saja banyak perusahaan seperti apple (yang memelopori konsep music store dengan iTunesnya), mulai beranjak ke konsep yang lebih baru dan tentunya mengikuti perkembangan zaman. Konsep layanan Cloud Music Streaming nampkanya akan menjadi trend berikutnya di tahun 2012. Hal ini bisa dilihat dengan muculnya layanan cloud dari Amazon (Cloud Drive) dan juga Apple dengan iCloud.

Berikut adalah daftar beberapa layanan cloud beserta deskripsinya yang berpotensi untuk menciptakan trend baru di industri musik digital dunia.

music cloud servicee

Daftar layanan diatas memang sudah mengeluarkan produknya di tahun 2011 ini. Sejauh ini memang belum ada sesuatu yang cukup menggebrak dari layanan layanan tersebut. Hal ini bisa dimaklumi karena menurut saya pribadi di tahun 2011, adalah tahun edukasi untuk layanan semacam ini serta waktu untuk perbaikan user experience dari masing masing layanan. Dan di tahun 2012 nanti tentunya produk layanan yang global ini akan salaing bersaing. Tidak hanya bersaing dengan sesama pemain global, tapi juga pemain lokal di tiap tiap negara. Layanan seperti ini adalah layanan yang jika berkonsep lokal maka pengguna akan cendurung menggunakan versi lokalnya.

Berikut adalah survey bagiamana penikmat musik membeli musik yang mereka inginkan. Sayangnya hasil survey yang saya dapat berbasis di Amerika Serikat. Walaupun begitu mungkin kita masih bisa melihat trend apa yang sebenarnya yang sedang berjalan di industri musik digital. Setlah itu kita bisa terapkan dengan berbagai modifikasi agar bisa masuk di pasar lokal.

music cloud servicee

Survey di atas mengindikasikan bahwa layanan streaming musikĀ berbasis cloud menjadi aktifitas mainstream jika dibandingkan dengan kegiatan membeli CD ataupun kegiatan download. Tapi sayangnya hanya sedikit pengguna yang mau membayar untuk aktifitas seperti ini. Jika tidak ada edukasi yang lebih maka aktifitas ini akan hanya berjalan pada sekelompok kalangan saja. Sama halnya seperti freemium game mobile. Pengguna lainnya hanya akan memanfaatkan fitur gratisan dan lebih memilih membeli CD atau mendownload lagu jika harus mengeluarkan uang.