Tahap Kedua Perjalanan Developer IoT: Desain dan Perencanaan

Tahap Kedua Perjalanan Developer IoT: Desain dan Perencanaan

Intel Galileo - head

Di artikel sebelumnya, kita sudah berbicara tentang tahap pertama dari pengembangan IoT: Belajar & Eksperimen. Artikel sekarang akan berbicara tahap kedua dari perjalanan developer IoT.

Internet of Things (IoT) merubah cara pikir kita tentang desain produk. Benda sehari-hai seperti kulkas dan mobil dapat terkoneksi dan menjadi pintar. Mereka dapat menganalisa tingkah laku kita di masa lalu untuk mengantisipasi kebutuhan kita di masa depan.

Karena kemampuan mereka untuk mengirim dan menerima data, produk-produk ini menjadi lebih mirip dengan sebuah layanan yang mana merubah cara kita membuat mereka secara fundamental.

Belajar & Eksperimen adalah tahap di mana developer mulai mengotak atik dan sekarang tahap Desain & Perencanaan ini adalah di mana developer dapat bermimpi. Semua ide disambut dengan baik, baik itu ide yang konservatif maupun yang luar biasa.

Tempat yang bagus untuk menjelajahi tentang desain dan perencanaan seputar poduk IoT adalah Intel Developer Zone for IoT. Kamu dapat menemukan proyek-proyek yang dapat memberikan inspirasi, akses ke perlengkapan developer terbaru, dan daftar acara hacker di seluruh dunia.

Instructables juga adalah sumber yang bagus untuk dijelajahi, penuh dengan proyek IoT yang menonjolkan bagaimana orang-orang mengkoneksikan benda sehari-hari dengan web, mengubah mereka menjadi perangkat pintar.

Tahap Desain & Perencanaan ini juga adalah tahap untuk mengidentifikasi rintangan-rintangan potensial. Selain biaya kesempatan yang masih rendah pada tahap ini, risiko juga relatif rendah. Akan lebih baik untuk melihat masalahnya saat ini daripada ketika kamu sudah mengumpulkan material dan mulai membuat prototipe.

Sementara prinsip-prinsip desain tradisional seperti estetika dan kegunaan masih berlaku, ketika mendesain untuk IoT kamu juga harus memikirkan elemen-elemen individu yang menginformasikan arsitektur secara keseluruhan seperti perangkat lunak, konektifitas, jaringan, dan protokol aplikasi. Anggap mereka seperti blok bangunan tambahan untuk membuat produkmu menjadi semakin pintar.

Akan lebih baik juga jika kamu mempertimbangkan soal data. Data jenis apa yang produkmu akan hasilkan? Bagaimana datanya nanti diatur, disimpan, dan dianalisa? Bagaimana kamu dapat memastikan ketepatan dan integritasnya? Apakah layanan datanya dapat membuat user experience yang mengagumkan?

Desainer yang baik akan memikirkan bagaimana pengukuran dan analisa dapat menghasilkan wawasan yang berharga, atau bagaimana produk mereka dapat mengkombinasikan produk pintar lainnya untuk menghasilkan manfaat yang lebih besar untuk lebih banyak orang.

Kemudian ada tentang pendapatan dana. Meskipun pada tahap ini tidak terlalu penting untuk memiliki semua jawaban, namun akan bermanfaat untuk memerika apakah kesempatan untuk mendapatkan pendapatan dana itu ada dan apa tipe model bisnis yang dapat digunakan,.

Di Intel, kami menyadari bahwa ada banyak pertimbangan pada tahap Desain & Perencanaan. Kami juga tahu bahwa developer gelisah untuk mulai membuat visi mereka. Namun jika kamu meluangkan waktu untuk membuat cetak biru yang dibuat dengan baik, maka tahap pembuatan prototipe akan menjadi lebih lancar.

Selanjutnya: Tahap 3: Eksekusi & Pembuatan
Sebelumnya: Tahap 1: Belajar & Eksperimen

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Intel Developer Zone. Artikel asli bisa dilihat di link ini.