TechnoChez – Startup TI yang Sukses dengan Iklan

TechnoChez – Startup TI yang Sukses dengan Iklan

technochez

Di Tahun 2014 ini sudah banyak startup TI dari Indonesia yang telah sukses, maupun sedang merintis karirnya di jalur aplikasi mobile. Salah satu startup TI asal Bekasi, TechnoChez, yang didirikan oleh Syapril Ahshar pun sedang mengalami masa perkembangnya.

Awal Mulanya Syapril Ahshar merupakan pengembang aplikasi di platform Nokia S40, dan telah berhasil menjadi salah satu Nokia Developer VIP. Kemudian secara bertahap Syapril pun mulai membentuk startup TI sendiri pada bulan Juni 2012 yang bernama Syapril Studio.

Syapril Studio ini berfokus pada pengembangan aplikasi di platform Nokia S40 Web Apps. Seiring berjalannya waktu, Syapril bersama teman-temannya merubah nama Syapril Studio menjadi TechnoChez pada tanggal 1 Juni 2013. TechnoChez sendiri berawal dari kata “Technology” yang melambangkan area pekerjaan mereka, dan “Chestnut” yang merupakan warna kesukaan tim.

tim technochez

Tim TechnoChez : Kiri ( Dadang Zulian-Designer), Tengah (Abil Reza-Programmer), dan Kanan (Syapril Ahshar-Founder/Programmer)

Startup ini awalnya memang fokus pada platform Nokia S40 Web Apps saja, dan mengandalkan iklan untuk bisa mendapatkan pendapatan dari aplikasi. Salah satu aplikasi yang terkenal dari TechnoChez adalah What’s Up Today?!.

What’s Up Today?! Ini merupakan aplikasi yang memuat berita terbaru dari lima benua seperti Asia, Eropa, Amerika, Afrika, maupun Australia yang membahas seputar ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis, hiburan, politik, sosial dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dikembangkan pada sistem operasi Nokia S40, dan telah berhasil memenangkan kategori “News & Info” pada kompetisi Nokia Asha Developer Competition Indonesia.

Selain itu, What’s Up Today?! pun menggunakan layanan iklan dari Vserv, dan berhasil mendapatkan pendapatan yang besar untuk TechnoChez hingga saat ini. Dengan besarnya pendapatan iklan tersebut, TechnoChez pernah dimuat dalam artikel Developer of The Week dari Vserv.

Selanjutnya pada saat ajang Mobile Game Developer War (MGDW) 5 digelar di bulan November 2013, TechnoChez resmi mencoba platform barunya, Windows Phone 8. Hal ini terjadi karena ingin memenuhi persyaratan platform yang dibutuhkan pada MGDW 5, dan potensi dari pasar Windows Phone 8 yang sedang naik.

Dengan adanya perkembangan platform ini, TechnoChez pun kini telah mendukung pengembangan aplikasi di platform Nokia X, dan Android. Kini startup ini tidak hanya mengandalkan iklan untuk mendapatkan pendapatan dari aplikasi melainkan mengandalkan metode in-app-purchase juga.

Untuk mendapatkan keuntungan pun TechnoChez pernah bekerjasama dengan klien dari bulan Maret hingga Mei 2014, namun mulai bulan Juni 2014 secara resmi startup ini menghentikan sejenak proyek dengan klien karena ingin fokus dalam mengembangkan produknya sendiri.

Produk terbaru dari TechnoChez yang telah dirilis di platform Android, dan Nokia X adalah game Ocean Tales. Game ini mengajak pemainnya untuk menyelamatkan nyawa ikan bernama Oscar dari serangan bom manusia. Untuk metode pendapatan dari game ini TechnoChez menggunakan iklan Vserv, dan in-app-purchase. Selain itu, dalam waktu dekat ini TechnoChez akan merilis game terbarunya di platform Windows Phone 8, Deep Sea Pirates, yang merupakan kelanjutan dari game Ocean Tales.

Rencana ke depannya, TechnoChez ini akan mengembangkan aplikasinya ke teknologi desktop, dan Intel RealSense juga. Startup ini pun terbuka dalam hal kerjasama pengembangan aplikasi di teknologi mobile.

aplikasi technochez