TechnoFair 2016 Hadirkan Talkshow Belajar Menjadi Technopreneur

TechnoFair 2016 Hadirkan Talkshow Belajar Menjadi Technopreneur

header-talkshow-technofair

Pada rangkaian acara TechnoFair 2016 yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma, terdapat pula talkshow dengan tema ‚ÄúLearn To Be Technopreneur‚ÄĚ. Pada acara talkshow ini yang menjadi pembicara adalah Dayu Dara selaku VP GO-JEK, Oscar Darmawan selaku CEO Bitcoin Indonesia, dan Topan Bayu Kusuma selaku CFO PT Badr Interactive. Ketiga pembicara ini akan berbagi pengalaman tentang mendirikan startup.

Pada talkshow ini Dara menceritakan perjalanan karirnya sebelum bergabung dengan GO-JEK dan menjadi VP GO-JEK atau Co-founder dari GO-LIFE. Sebelumnya, Dara merupakan teman dari Nadiem Makarim yang saat ini menjadi CEO GO-JEK, Nadiem yang menyadarkan Dara dan mengajak Dara bergabung dengan GO-JEK. Pengertian sukses yang Nadiem berikan, membuat Dara memutuskan untuk bergabung dengan GO-JEK dan menjadi VP di GO-JEK.

talkshow dara gojek

Setelah bercerita perjalannya, Dara menjelaskan bahwa startup itu memiliki dua karakter yang di antaranya, memiliki bisnis model yang tidak konvensional dan pertumbuhannya eksponensial. Selain itu, Dara juga menjelaskan bahwa dalam membangun startup, hal yang terpenting adalah tim yang solid. Tim yang dimaksud adalah orang yang mengerti teknologi, orang yang mengerti strategi untuk startup-nya di masa mendatang dan orang yang mengerti pasar untuk startup-nya.

Selain Dara, Oscar Selaku CEO Bitcoin Indonesia menjelaskan bahwa seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, inovasi baru banyak dilahirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Kemunculan Bitcoin, menjadi tren baru di dunia. Bitcoin memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas jual beli serta memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Orang-orang akan mudah melakukan transaksi jual beli menggunakan Bitcoin.

talkshow oscar bitcoin

Terkait masalah dalam membangun startup, Oscar memberikan tanggapan bahwa startup itu harus mempunyai visi dan misi yang jelas dan berkomitmen. Selain itu, startup harus mempunya bisnis model yang baik. Dengan kerja keras dan dilengkapi dengan tim, dana dan kemajuan startup dijamin akan mudah untuk didapatkan.

Setelah Oscar, Topan selaku CFO PT Badr Interactive menjelaskan mengenai Badr Interactive yang merupakan perusahaan yang menghasilkan bisnis bukan hanya sekedar konsultan TI atau software house. Menurut Taufan, di Badr Interactive semuanya akan didukung untuk mempunyai usaha masing-masing.

talkshow topan badr

Selain itu, Topan menjelaskan mengenai iGrow yang merupakan produk dari Badr Interactive. iGrow merupakan situs yang mempertemukan antara orang yang mempunyai uang dengan orang yang mempunyai lahan untuk bertani yang tidak mempunyai dana. Sederhananya, dengan iGrow kita dapat bertani tanpa mempunyai lahan.

Topan juga memberikan penjelasan mengenai beberapa hal tentang mendirikan startup. Dalam mendirikan startup, harus jelas visi misinya. Jangan hanya mendirikan startup hanya untuk bergaya atau hanya untuk mencari uang saja. Startup harus mempunyai visi yang jelas dan mempunyai manfaat untuk banyak orang. Selain itu, hal yang penting adalah solidnya sebuah tim yang siap jatuh bangun dalam mendirikan startup.

*Disclosure : TeknoJurnal merupakan salah satu media partner TechnoFair 2016