Tempered Glass, Amankan Layar Smartphone dari Goresan dan Keretakan

Tempered Glass, Amankan Layar Smartphone dari Goresan dan Keretakan

tempered glass

Resiko pecah dan tergoresnya layar pada sebuah ponsel pintar membuat sebagian orang melapisinya dengan sebuah pelindung layar tambahan. Pelindung yang dijual di pasar pun memiliki banyak jenisnya, dan salah satu pilihan yang populer digunakan adalah tempered glass.

Tempered glass ini merupakan kaca yang telah diproses dengan menggunakan suhu panas yang ekstrim sehingga tidak mudah cepat tergores maupun pecah. Bentuk dari tempered glass biasanya langsung disesuaikan dengan presisi dari bentuk ponsel pintar yang akan dilindungi. Selain itu, kaca ini bentuknya kaku dan cukup tebal dibandingkan pelindung layar lainnya.

Hal lain yang cukup menarik dari tempered glass ini adalah meskipun sudah terpasang di layar ponsel pintar, namun penggunanya masih dapat melihat layarnya dengan jelas dan tetap merasakan sentuhan pada layar seperti tidak menggunakan pelindung.

Pada beberapa produk tempered glass yang dijual di pasaran telah menggunakan lapisan oleophobic sehingga membuat air, minyak, maupun kotoran tidak mudah menempel pada pelindung ini. Tentu saja dengan adanya lapisan ini akan membuat pelindungnya tetap bersih dan melihat gambar dalam layar pun tetap jelas.

Dari video tes yang dilakukan di atas ini menunjukkan bahwa tempered glass ini tidak mudah tergores pada benda tajam. Meskipun pelindung ini tahan terhadap goresan, nyatanya masih dapat pecah ketika mendapatkan tekanan beban yang terus menerus seperti dihantam palu atau dijatuhkan dari tempat yang tinggi beberapa kali.

Walaupun tempered glass menjadi pecah namun layar ponsel pintar yang terlindungi masih dalam kondisi mulus tanpa ada goresan maupun retakan sama sekali. Ini menunjukkan bahwa pelindung layar ini lebih kuat dibandingkan jenis pelindung lainnya.

tempered glass ini cukup ampuh untuk melindung layar ponsel pintar karena tahan terhadap goresan maupun cairan. Namun pengguna harus tetap berhati-hati dalam memasang tempered glass karena apabila salah memasang, maka pelindungi ini bisa menjadi melengkung atau bahkan pecah. Selain itu, tempered glass memiliki kekurangan dalam menambah ketebalan layar ponsel pintar sekitar 0,2 hingga 0,4 mm dan juga harga yang ditawarkan rata-rata masih di atas jenis pelindung layar lainnya.

Setiap merek tempered glass yang dijual di pasaran memiliki keunggulannya masing-masing. Beberapa merek Tempered Glass yang terkenal antara lain Nillkin, Spigen, Tyrex, ArmorZ, Brando, Clarivue, Crystal Armor, Glass-M, dan Muvit.