Categories: Berita

Tentang Bogor dan Komunitas Penggiat Dunia Mobile BogorMobi

Hari Sabtu kemarin saya dan teman saya, Putra, dari TeknoJurnal berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melihat seperti apa pergerakan pengembang aplikasi di Bogor, sebuah kota di selatan Jakarta. Saya tertarik untuk itu melihat banyak sekali ternyata penggiat IT yang berdomisili di Bogor atau yang pernah kuliah di Bogor. Beberapa  perusahaan di bidang IT yang saya kenal pun ternyata dibelakangnya ada yang mempunyai keikatan dengan Bogor seperti tempat tinggal atau tempat kuliah.

IPB sendiri adalah insitut dan tempat kuliah yang paling besar di Bogor dan memiliki departemen Ilmu Komputer. Dikarenakan hanya berbentuk departemen, jumlah mahasiswa IT di IPB lebih dikit dibandingkan dengan universitas / institut lain yang memiliki fakultas tersendiri untuk bidang IT. Namun begitu, kabarnya walaupun jumlah mahasiswa bidang IT-nya lebih sedikit mereka cukup aktif di bidang IT baik itu dalam hal membuat usaha, mengerjakan proyek, mengikuti acara seputar IT, dan lain-lain.

Insitut Pertanian Bogor

Selain IPB, ada beberapa kampus dan juga SMK di Bogor yang mempunyai talenta-talenta muda di bidang IT. Banyak sekali sebetulnya penggiat dunia IT di Bogor dan pernah saya berbicara dengan beberapa teman di Bogor sesama penggiat dunia IT dan mereka ingin ada sebuah wadah untuk saling berbagi dan bertemu di Bogor.

Jika berbicara tentang pengembang aplikasi mobile di Bogor, kebanyakan dari mereka berkutat di Android dan Windows Phone. Tidak aneh jika banyak pengembang aplikasi di Bogor yang sudah dapat mengembangkan aplikasi di Windows Phone, hal ini dikarenakan Microsoft cukup aktif di Bogor. Sedangkan untuk Android, sepertinya ini sudah menjadi standar pembelajaran pemrograman mobile untuk para mahasiswa di mana-mana.

Saya juga sebelumnya sempat ngobrol-ngobrol dengan Aly Sangadji, Microsoft Student Partner Lead Jabodetabek, yang sedang berkuliah di Bogor tentang para pengembang aplikasi di Bogor. Setelah berdiskusi saya mendapatkan bahwa banyak pengembang aplikasi di Bogor yang tertarik untuk lebih mendalami dunia mobile hanya saja mereka sebelumnya belum pernah mempunyai komunitas yang umum sebagai wadah untuk berbagi tentang dunia mobile.

Melihat hal ini, saya bersama Aly berinisiatif untuk membuat komunitas untuk para penggiat dunia mobile di Bogor, BogorMobi. Komunitas ini telah menyelenggarakan meetup pertamanya di hari Sabtu kemarin di IPB dengan saya dan teman saya, Putra, mengisi sesi sharing-nya. Sekitar 18 orang mengikuti meetup pertama komunitas BogorMobi ini yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa. Di meetup ini kita membahas tentang pengetahuan umum seputar dunia mobile dan apa yang diharapkan oleh para peserta meetup tentang komunitas BogorMobi.

Suasana Meetup Perdana Komunitas BogorMobi

Para peserta meetup pertama BogorMobi cukup antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia Mobile. Dan, menurut Aly Sangadji masih banyak lainnya yang tidak sempat mengikuti meetup ini yang tertarik dengan dunia mobile. Kebanyakan peserta di meetup ini sudah pernah membuat aplikasi mobile dan mereka tertarik untuk mempelajari pengembangan aplikasi mobile di platform lain dan mengembangkan produk sendiri.

Saya berharap dengan terbentuknya komunitas ini akan dapat membantu perkembangan para penggiat dunia mobile di Bogor dan dapat menjadi tempat untuk saling berkoneksi antara para pengembang aplikasi dan pelaku industri di dunia mobile.

Share
Published by
Firman Nugraha

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019