5 Tips Canggih Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Java

5 Tips Canggih Memulai Belajar Bahasa Pemrograman Java

belajar java

[sumber: ShutterStock]

Kepopuleran bahasa Java semakin melonjak semenjak ramainya Android di kalangan developer. Pengembangan aplikasi Android menggunakan bahasa Java sehingga Java seakan menjadi hal yang wajib dipelajari agar dapat mengikuti tren yang lagi ramai di era smartphone ini. Bagi pemula, untuk memulai belajar Java dengan mudah dapatĀ mengikuti beberapa tipsĀ seperti di bawah ini.

Belajar melalui buku

belajar java

[sumber:Ā ShutterStock]

Jika kamuĀ termasuk orang yang mudah mengingat dengan cara membaca, maka kamu cukup pergi ke toko buku untuk membeli buku bahasa pemrograman Java, kemudian baca dan pelajari secara mendalam materi yang terdapat pada buku tersebut. Selalu perbaharui ilmu dengan cara banyak membaca buku dari penulis yang berbeda.

Bahasa Java sangat populer, sehingga kamu dapat juga membaca ebook gratis yang mudah dicari di internet selain dari buku yang berbentuk fisik. Dengan sering membaca dan mempraktekannya, lambat laun kamu akan memahami alur dari logika pemrograman Java. Kamu dapat mengunduh ebook bahasa indonesia mengenai bahasa pemrograman Java. Selain itu, terdapat pula salah satu ebook dalam bahasa inggris yang dapat dibaca untukĀ mempelajari bahasa pemrograman Java dengan mengunjungi tautan ini.

Belajar melalui video

belajar java

Jika kamu termasuk orang yang lama memahami dengan cara belajar melalui buku, mungkin kamu termasuk orang yang senang akan visualisasi, dengan materi bahasa pemrograman Java yang disajikan dalam bentuk video akan memudahkan kamu dalam memahami alur dari pemrograman Java. Terdapat banyak video yang membahas mengenai Java di Youtube, Vimeo ataupun di situs konten video lainnya. Salah satu situs yang cukup terkenal yang dapat kamu coba dalam mempelajari bahasa pemrograma Java adalah LearnersTv.com.

Kursus Java

belajar java

Selain belajar melalui buku atau video, kamu dapat melakukan kursus agar lebih cepat mempelajari bahasa pemrograman Java. Dengan kursus, kamu akan diajarkan oleh tutor secara langsung sehingga akan lebih memudahkan ketika bingung dalam memahami materi Java.

Kamu dapat melakukan kursus offline dengan cara mendaftarkan diri ke sebuah tempat pembelajaran programming atau kamu dapat belajar melalui kursus online yang dapat dilakukan dimana saja. Untuk kursus online, salah satu situs yang cukup terkenal dalam memberikan materi pemrograman Java adalah udemy.com.

Gabung Komunitas

gabung komunitas

Untuk memulai belajar Java, kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah lebih dulu belajar atau gabung dengan komunitas Java. Dengan bergabung, kamu akan memiliki banyak teman yang ahli dibidang tersebut. Sehingga, akan lebih mudah bertanya ketika bingung dalam mempelajari bahasa pemrograman Java.

Selain itu, dengan bergabung di komunitas akan memberikan informasi terbaru seputar teknologi atau terkait berita terbaru seputarĀ Java, Android dan yang lainnya. Hal itu akan memberikan wawasan lebih sehingga akan lebih terarah ketika mempelajari ilmu baru.

Learn by doing

belajar java

Setelah kamu membaca buku atau belajar bahasa pemrograman Java, kamu bisa mencoba melatih kemampuan pemrograman Java secara otodidak. Dengan konsep tantangan, kamu akan lebih semangat dalam mempelajari bahasa Java. Salah satu situs yang dapat kamu coba dalam mempelajari Java adalah programmingbydoing.com

Selain itu, kamu juga bisa belajar bahasa pemrograman Java dengan mengikuti tutorial yang mudah dicari di internet. Dengan tutorial, biasanya kita akan diajak langsung ngoding agar menghasilkan sebuah aplikasi sederhana sehingga akan lebih mudah memahami alur proses pembuatan aplikasi sampai menghasilkan sebuah aplikasi sederhana. Bagi kamu yang tertarik belajar bahasa pemrograman Java, khususnya untuk Android bisa mengunjungi artikel tutorial belajar Android.

,