TITOK: Pahlawan Kebersihan – Game Mencegah Banjir dari Agate Jogja

TITOK: Pahlawan Kebersihan – Game Mencegah Banjir dari Agate Jogja

agate-jogjaBagi pembaca yang ingin memainkan game berbeda di komputer maupun gadget-nya, ada game yang cukup menarik yaitu TITOK: Pahlawan Kebersihan. Game ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama TITOK yang sedang berusaha untuk menyelamatkan hidup orang lain dengan memungut sampah yang berserakan di sungai untuk mencegah terjadinya banjir.

Game ini dibuat pada tanggal 13 Februari 2013 oleh perusahaan pengembang game yang cukup terkenal di Indonesia, Agate Jogja, yang  juga merupakan perusahaan yang tergabung di Agate Alliance. Tim pengembang game ini terdiri dari Andrian Agung (produser/art), Wisnu Setioko (game designer), dan Ari Mageta (programmer). Yang cukup menarik adalah pembuatan TITOK: Pahlawan Kebersihan sendiri cukup cepat yakni hanya sepuluh hari dan terdapat pesan moral positif kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan tetapi dengan cara yang menyenangkan.

Game ini memberikan pelajaran bahwa cara mengatasi banjir bisa dimulai dari hal-hal sederhana dan menyenangkan seperti bermain game. Terinspirasi dari banjir yang terjadi di ibukota dan daerah lain di Indonesia, Agate Jogja mengajak masyarakat Indonesia untuk sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Genre yang diusung oleh TITOK: Pahlawan Kebersihan adalah casual game di mana game ini memiliki gameplay yang sederhana dan bisa dimainkan oleh semua kalangan.

titok copy
Tampilan game TITOK: Pahlawan Kebersihan

Untuk memainkan game ini, pemain dapat memainkannya melalui komputer, laptop maupun gadget yang mendukung platform Adobe Flash. Cara memainkannya pun mudah, hanya dengan menggerakkan mouse pointer, karakter game ini akan mengambil sampah yang diarahkan lalu akan dibuang ketempat sampah. Yang perlu diperhatikan juga adalah waktu terjadinya banjir, sehingga lebih menekankan tingginya nilai skor yang dapat dishare secara online.

Menurut saya game ini cukup menarik di mana pemainnya akan diajarkan cara mencegah banjir dengan cara memungut barang dari sungai dan memasukkannya ke tempat sampah. Selain sarat pesan moral, pemain juga dapat memamerkan skormya sehingga membuat permainan ini lebih fun. Bagi anda yang penasaran dengan game ini dapat mengaksesnya pada situs GejeGames.