IT Today 2016 Selenggarakan Seminar Teknologi dan CEO Talkshow

IT Today 2016 Selenggarakan Seminar Teknologi dan CEO Talkshow

it today 2016

Kemarin, 18 September 2016 merupakan acara puncak acara IT Today 2016 yang diselenggarakan di IPB. Acara puncak ini diisi dengan beberapa seminar teknologi dan talkshow bersama para CEO dari dua startup yang terkenal di Indonesia. Selain itu, diumumkan juga para pemenang lomba IGDC dan ISC yang merupakan bagian dari rangkaian acara IT Today 2016.

Pada acara seminar sesi pertama dengan tema “ Raising Knowledge of Artificial Intelligence Technology for A Perfect Impact in Indonesia” dibawakan oleh Panji Wasmana selaku CTO IBM Indonesia. Beliau menjelaskan teknologi baru ciptaan IBM, yaitu Watson. Ini merupakan terobosan baru pada bidang ilmu pengetahuan. Watson dibuat agar dapat menjadi pendamping dan membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang sifatnya tetap.

Watson ini dirancang agar memiliki kemampuan manusia dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan menggunakan bahasa alami. Watson ini memberikan inspirasi bagaimana teknologi dapat banyak berkontribusi di berbagai industri. Selain itu, Watson juga dapat memberikan keputusan dari semua data yang terkumpul.

Pada seminar sesi kedua, materi dengan tema “ What is a Virtual World and How Can It Be Used for Education” dibawakan oleh Adam Ardisasmita selaku CEO Arsanesia. Adam menjelaskan peranan teknologi virtual untuk pendidikan sudah banyak berkembang. Teknologi virtual dapat digunakan di dunia kedokteran untuk belajar membedah pasien. Selain itu, teknologi virtual dapat digunakan juga untuk orang yang sedang belajar menyolder atau belajar ilmu elektro. Dengan teknologi virtual ini akan minimalisir kegagalan.

it today 2016

Selain itu, Adam juga menjelaskan kendala yang dihadapi teknologi virtual untuk saat ini. Teknologi virtual merupakan media baru, sehingga butuh waktu agar orang dapat terbiasa dengan teknologi ini. Selain itu, kendala atau kesulitan lainnya adalah  latency, untuk terlihat nyata perlu 60fps dan ini tergantung kepada hardware. Kendala lainnya adalah kolaborasi, virtual reality belum bisa bermain atau berinteraksi secara kolaborasi dengan pengguna lain.

Setelah acara seminar, dilanjut dengan acara CEO talkshow bersama Abdul Qifli Sangadji atau lebih akrab disapa Ali selaku CTO Jojonomic dan Andreas Senjaya selaku CEO iGROW. Pada talkshow ini, Ali berbicara mengenai Indonesia sangat butuh banyak entrepreneur, karena untuk majunya perekonomian Indonesia, peranan pengusaha sangatlah penting.

Untuk menjadi entrepreneur atau membuat startup, Ali menjelaskan bahwa ide atau startup yang dibuat haruslah memberikan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat atau orang sekitar. Selain itu, tim yang solid dan saling percaya akan membuat startup itu tahan banting. Ali juga mejelaskan target pasar untuk produk yang dibuat harus jelas agar startup cepat berkembang.

ali-sangadji

Selain itu, harus mengetahui kompetitor atau pesaing startup yang dibuat, hal ini berguna agar startup yang dibuat dapat menjadi atau mempunyai value lebih dari kompetitor. Setelah itu, startup memikirkan kelanjutan produknya akan seperti apa dan bagaimana serta diperlukan inovasi baru agar startup dapat terus berkembang.

Andreas Senjaya atau sering disapa Jay menceritakan bagaimana terbentuknya Badr Interactive dan bagaimana sampai terbentuknya UrbanQurban, LearnQuran, dan iGROW. Jay mengatakan bahwa dalam bidang apapun, akan memerlukan teknologi jika ingin meningkatkan skalabilitas pada bidang tersebut karena teknologi memberikan perubahan dengan cara yang sangat cepat.

andreas-senjaya

Dalam membangun startup, ide untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada akan muncul dari pengetahuan-pengetahuan yang terkumpul. Tetapi ide yang bagus tidak akan berarti jika eksekusi yang dilakukan tidak maksimal. Hal ini terkait harus adanya tim yang sangat solid dan satu visi dalam membangun startup.

Setelah acara seminar dan talkshow, puncak acara IT Today 2016 ini ditutup dengan pengumuman juara dari lomba IGDC (IPB Game Development Competition) dan ISC (IPB Searching Competition). Di bawah ini merupakan daftar pemenang lomba IGDC dan ISC IT Today 2016.

  • Juara IGDC
    1. 3Gbox Game dengan hadiah Rp. 4.000.000
    2. Ada Game Studio dengan hadiah Rp. 3.000.000
    3. 23:59 dengan hadiah Rp. 2.000.000
  • Juara ISC
    1. Ammar Fathin Sabili dengan hadiah Rp. 2.000.000
    2. Teuku Amrullah Faisal dengan hadiah Rp. 1.500.000
    3. Pusaka Kaleb Setyadi dengan hadiah Rp. 1000.000

pemenang-lomba

*Disclosure: Teknojurnal merupakan media partner acara IT Today 2016

,