Tool Analitik untuk Aplikasi Mobile

Tool Analitik untuk Aplikasi Mobile

Mengamati, menganalisa dan memelihara perkembangan sebuah aplikasi mobile di toko aplikasi terkadang menjadi hal yang sering dilewatkan, bahkan dipandang sebelah mata. Khususnya di Indonesia, hal ini nampaknya masih kurang diperharikan. Kebanyakan masih melihat hanya dari jumlah download per hari, per minggu, per bulan dan seterusnya. Di artikel ini saya coba membahas secara singkat beberapa tool analitik untuk sebuah aplikasi mobile di berbagai macam platform yang ada.

Tool analitik disini, tidak hanya memantau berapa banyak jumlah download saja. Diantaranya bahkan ada yang bisa menganalisa segmentasi, statistik penggunaan, anlisa fitur fitur, dan lain sebagainya.

Daftar yang saya buat ini saya ambil dari apa yang saya jumpai dan diantaranya menawarkan penggunaan secara gratis. Urutan yang saya tampilkan saya ambil dari yang paling menarik perhatian saya, baik secara fitur maupun harga.

Flurry – Jika anda sudah pernah menggunakan Flurry, produk ini menyediakan banyak fitur dan paling sering melakukan update terhadapa fitur fiturnya. Platform yang didukung hingga saat ini adalah Java ME, BlackBerry, Android, iOS, dan Windows Phone 7. Pengembang aplikasi bisa melihat berapa pengguna aktif, hingga jumlah rata rata aplikasi tersebut dipakai.

Beberapa fitur baru dari Flurry adalah analisa Cross Selling (promosi aplikasi di aplikasi sebelumnya). Kemudian ada juga fitur User screen flow, yang memberikan gambaran bagaiamana urutan pengguna dalam mengakses sebuah aplikasi. Kemudian untuk urusan monetasi, Flurry juga menyediakan fitur kolaborasi antara sesama aplikasi yang ada di flurry (pasang iklan, dan lain sebagainya).

Localytics – Tidak jauh berbeda dari Flurry, Localytics memungkinkan si penggembang aplikasi melihat kegiatan penggunannya mulai dari data lokasi, fitur apa saja yang paling sering di jalankan, hingga melihat data penggunaan si pengguna dilihat dari versi OS, segmentasi pengguna dan lain sebagainya. Localytics juga membantu menganalisa seberapa banyak power user / pengguna potensial  yang dimiliki oleh sebuah aplikasi mobile. Untuk lebih jelasnya anda bisa ihat video dibawah ini.

Mtiks – Mtiks memiliki varian platform yang cukup lengkap, mulai dari iOS, Android, BlackBerry, hingga Windows Phone. Kebanyakan fitur utama dari sebuah tool analitik aplikasi mobile di sediakan secara gratis bahkan jumah aplikasi yang dimasukan pun tanpa batas. Fitur yang berbayar hanyalah fitur anti pembajakan untuk aplikasi mobile di platform iOS.

Sebenarnya masih banyak tool serupa yang bisa dicoba oleh penggembang aplikasi. Berikut adalah beberapa tool analitik yang serupa yang tidak saya jelaskan di atas:

Bagi para pengembang aplikasi mobile silahkan mencoba.