Categories: Opini

Top 31 Studi Kasus Startup

Dalam memulai sebuah startup pasti ada pertimbangan resiko yang akan anda ambil, karena anda harus siap gagal dan juga siap mental dan komitmen. Saya sendiri merasakan lebih banyak alasan untuk menunda dulu membuat startup daripada alasan kuat untuk membuat startup secepatnya. Alasan klise biasanya muncul seperti waktu yang belum tepat, belum ada modal, dan juga keluarga serta masih banyak alasan lainnya.

Tetapi lucunya disaat kita mendengar kisah sukses, tips-tips, ngobrol dengan komunitas startup seperti di komunitas #StartupLokal, dan lain sebagainya, biasanya semangat kita langsung menghancurkan alasan-alasan yang tadinya bisa menunda kita membuat startup. Alasan tersebut kemudian berbalik menjadi alasan yang membuat kita berpikir inilah waktu yang tepat untuk membuat startup dan berani ambil resiko.

Kita sebenarnya hanya memerlukan tiga hal untuk membuat startup kita sukses sehingga tidak ragu dalam membuat startup, yaitu: Pertama anda harus mulai dengan partner, lingkungan dan juga orang-orang yang anda kenal baik; Kedua anda harus menemukan sesuatu yang konsumen benar-benar inginkan dan butuhkan. Ketiga berpikir bagaimana bisa mengeluarkan modal yang sedikit-dikitnya (tentunya realistis dengan profit yang diinginkan).

Nah yang terakhir kita juga butuh referensi dari startup yang sudah sukses secara global, bukan hanya lokal. Supaya kita sendiri bisa tahu dan berpikir beda dengan yang lain. Nah… kemarin saya menemukan kumpulan studi kasus dari startup-startup yang sudah cukup sukses seperti Youtube, Facebook, Zappos, Craiglist, Myspace, Linkshare, iStockphoto dan lain-lain. Di dalamnya terdapat beberapa poin penting yang bisa kita ambil sebagai referensi bagaimana sebuah startup itu sukses. Nah.. Berikut poin-poin yang di sajikan dalam case study ini :

  • Faktor dan kunci keberhasilan mereka
  • Strategi yang diambil untuk masuk ke pasaran pasar
  • Partnership / akusisi / penjualan
  • Dan poin penting yang bisa anda ambil dari studi kasus tiap startup

Yap… semoga anda-anda yang sedang menjalankan startup, baru memulai ataupun belum punya startup bisa mendapat referensi yang bagus dari studi kasus ini. Jujur memang startup membutuhkan keberanian si empunya untuk bisa mengambil resiko, mengambil rugi, bahkan sampai gagal. Tapi di lain sisi keuntungan yang bisa didapat JIKA sukses itu juga sebesar pengorbanan yang telah diberikan si empunya dalam pembuatan sebuah startup.

BerikutlLink download untuk membaca case studynya, file berbentuk PDF. Semoga bacaan ini bisa melengkapi akhir tahun anda :)

Top 31 Startups Case Study

Share
Published by
Putra Setia Utama

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019