Tutorial Cara Instal Node.js di Mac, Windows, dan Linux

Tutorial Cara Instal Node.js di Mac, Windows, dan Linux

cara install node.js

Node.js adalah platform yang dibuat dengan bahasa JavaScript dan dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Mac OS, dan Linux. Node.js ini memiliki library server HTTP sendiri sehingga tidak memerlukan aplikasi web server seperti Apache, nginx, dan lainnya. Bagi pembaca yang ingin menginstal Node.js, berikut cara install Node.js pada sistem operasi yang berbeda.

Windows

Cara install Node.js pada sistem operasi Windows sangatlah mudah, pengguna Windows hanya perlu mengunduh installer yang sudah disediakan pada situs resminya Node.js atau pembaca dapat mengunduh langsung melalui tautan ini nodejs.org/download. Setelah mengunduh installer Node.js, pembaca hanya perlu menjalankannya dengan cara mengklik dua kali. Setelah itu, ikuti panduannya seperti melakukan instalasi aplikasi biasa lainnya.

Mac

Untuk cara instal Node.js pada sistem operasi Mac OS, pembaca juga hanya perlu mengunduh installer untuk Mac OS pada situs resminya Node.js. Pembaca bisa mengunduh file installer Node.js dalam format .pk atau .tar.gz. Setelah itu pembaca hanya perlu menjalankan installer tersebut seperti menginstal aplikasi lainnya.

Linux

Sedangkan untuk cara install Node.js pada sistem operasi Linux sedikit berbeda dengan Windows dan Mac OS. Pada tulisan ini akan dijelaskan cara instal Node.js pada sistem operasi Linux Debian dan berbasi Ubuntu. Untuk instal Node.js di Linux silahkan buka terminal dan tulis perintah seperti di bawah ini.

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_4.x | sudo -E bash -
sudo apt-get install -y nodejs

Selain itu, pembaca bisa menginstal Node.js V6 dengan cara berikut:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_6.x | sudo -E bash -
sudo apt-get install -y nodejs

Setelah itu, lanjut dengan menginstal build tools yang berfungsi untuk melakukan compile dan menginstal addons dari NPM (Node Package Manager). Untuk menginstalnya, silahkan ikuti perintah berikut di bawah ini.

sudo apt-get install -y build-essential

Nah, sampai disini pembaca sudah mengetahui cara install Node.js untuk tiga sistem operasi yang berbeda. Jika diantara pembaca menggunakan sistem operasi lain, untuk mengetahui cara install Node.js dapat mengunjungi tautan ini.

Cara mengganti versi Node.js di Linux

Jika di antara pembaca sudah menginstal Node.js sebelumnya dan ingin melakukan pergantian versi atau ingin melakukan update ke versi Node.js paling terbaru tanpa repot melakukan install ulang. Untuk melakukan hal itu, pembaca dapat mengikuti perintah berikut. Sebelumnya, perlu diingat perintah ini untuk sistem operasi Linux dan belum dapat berjalan pada sistem operasi Windows.

Pada terminal, silahkan jalankan perintah berikut.

$ sudo npm install -g n

Setelah n terinstal, selanjutnya kita dapat mengganti versi Node.js, melakukan update ke versi terbaru, atau menginstal versi stabil dari Node.js. Berikut perintah yang dapat digunakan.

$ n latest
#untuk menginstal versi terbaru
$ n stable
#untuk menginstal versi stabil
$ n 4.2.4
#untuk menginstal versi tertentu

Nah, Bagi pembaca yang tertarik mengenai Node.js, terkait pengertian Node.js dan bagaimana membuat server Node.js sendiri dapat mempelajarinya pada artikel sebelumnya.

,