Tutorial Intel Galileo – Bagian 3: Membuat Casing

Tutorial Intel Galileo – Bagian 3: Membuat Casing

Intel Galileo - head

Sebelumnya: Tutorial Intel Galileo – Bagian 2: Perakitan & Koding

Setelah sebelumnya kita merakit Intel Galileo dan komponen-komponen lainnya, sekarang saatnya kita membuat “rumah” untuk alat HealthySeat-nya. Sebetulnya paling enak jika menggunakan 3D Printer untuk membuatnya namun 3D Printer saat ini masih belum umum dan harganya pun masih agak mahal.

Opsi lainnya untuk membuat casing alatnya yang lebih terjangkau adalah seperti menyewa perakit kayu / furnitur atau membuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia secara umum.

Untuk di tutorial ini, kita menggunakan opsi membuat sendiri dengan bahan karton yang mudah ditemukan di mana-mana. Karton yang biasa di dapat ketika membeli boks mie instan atau alat-alat elektronik sudah cukup seharusnya.

Untuk mulai membuat casing alat HealthySeat ini, pertama-tama potong karton menjadi ukuran 20×20 cm sebagai meja lalu tekuk karton sehingga menjadi sama panjang 10x10cm berbentuk ( L ). Selanjutnya buat lubang dengan ukuran 7x2cm untuk menempatkan LCD. Buat lagi 2 lubang dengan ukuran 5x5mm pada bagian sebelah kanan dan di bagian dasar meja.

Casing 01

Potong karton dengan tinggi 6cm dengan lebar disesuaikan sebanyak empat buah sebagai kaki meja. Potong lagi karton dengan ukuran 10x10cm sebagai alas dasar untuk meletakkan Galileo.

Casing 02

Pasang LCD, LED, dan Sensor pada lubang yang telah dibuat. Pasang juga lampu LED yang tersedia dari Starter Kit ke socket, di sini menggunakan warna merah.

Casing 03

Untuk Relay yang telah tersambung dengan baterai dan lampu diletakkan bagian belakang bawah LCD.

Casing 04

Terakhir tinggal meletakkan Galileo dibagian bawah kemudian dihubungkan ke masing-masing tempat.

Casing 05

Nah, sudah jadi casing-nya sekarang dan setidaknya alat HealthySeat sudah sedikit terlindungi dan tidak telanjang. Jika pembaca ingin berkreasi mebuat casing yang lebih canggih lagi, banyak pilihan yang dapat digunakan.

~~~

Referensi artikel: