Tutorial Intel Galileo – Bagian 1: Membuat Tempat Duduk Sehat

Tutorial Intel Galileo – Bagian 1: Membuat Tempat Duduk Sehat

Intel Galileo - head

Tren maker kini semakin meluas di kalangan masyarakat umum apalagi semenjak Internet of Things semakin mencuat di mana-mana. Nah berbicara tentang maker, Intel memiliki sebuah alat yang menarik untuk dioprek yaitu Intel Galileo.

Intel Galileo sendiri adalah sebuah papan mikrokontroler berbasis arsitektur Intel x86 yang didesain untuk para maker. Bagi yang pernah mengotak atik Arduino mungkin tidak asing dengan Galileo karena memang Galileo tersertifikasi oleh Arduino.

Konsep Alat

Untuk mengotak atik Galileo ini, saya mencoba untuk membuat sebuah konsep alat bernama HealthySeat. HealthySeat adalah sebuah alat yang dapat membantu mengurangi kebiasaan buruk bagi mereka yang senang duduk terlalu lama atau membaca dalam keadaan gelap.

Untuk memberikan gambaran seperti apa konsep alat yang ingin saya buat ini, bisa melihat mockup 3D dari proyek HealthySeat:

3D Mockup proyek "HealthySeat"

Cara kerja alat ini sederhana, ada sebuah sensor pada tempat duduk yang memberikan sinyal ketika sedang ada yang duduk dan program akan berjalan untuk menghitung waktu sudah berapa lama orangnya telahduduk. Saat batas waktu telah dilewati maka akan diberikan pemberitahuan untuk bergerak.

Untuk fungsi pendeteksi cahaya, terdapat sensor cahaya pada alatnya. Ketika pencahayaan yang didapatkan kurang maka lampu akan otomatis menyala, jika lampu tidak tersedia maka ada indikator yang akan menyala.

Persiapan Perlengkapan Galileo

Untuk mulai membuat alat HealthySeat ini, diperlukan beberapa komponen hardware yaitu:

  • Intel Galileo, papan mikrokontroler berbasis arsitektur Intel x86.
  • Groove Starter Kit Plus, Grove Starter Kit Plus ini berisikan beberapa komponen yang cocok digunakan untuk permulaan.

Untuk membeli Grove Starter Kit Plus dan Intel Galileo, keduanya dapat dibeli secara lokal di situs Famosa (tautan beli Groove Starter Kit Plus; tautan beli Galileo). Untuk bahan lainnya adalah baterai AA, kabel, dan lampu pijar kecil yang dapat dibeli di toko elektronik umum, serta terakhir karton atau kardus bekas.

Lebih lengkapnya, Groove Starter Kit Plus ini menyediakan komponen sebagai berikut:

Shield

Base Shield
Merupakan ekspansi yang berguna untuk menghubungkan sensor atau akuator yang disediakan ke Intel Galileo.

Buzzer

Grove Buzzer
Dapat dihubungkan dengan digital output yang akan mengeluarkan nada tinggi atau ke analog dapat di atur tinggi rendah nada yang dikeluarkan.

Button

Grove Button
Bekerja hanya dalam tahap sementara yang berarti untuk mendapatkan nilai button harus di tekan untuk mendapatkan nilai HIGH, jika dilepas maka dalam posisi nilai LOW.

LED

Grove LED
LED dapat dibuat menjadi kondisi menyala atau matu yang berguna sebagai monitor apakah port digital mendapatkan nilai yang sesuai atau tidak.

Rotary Sensor

Grove Rotary Angle
Merupakan sensor analog yang dapat menghasilkan nilai keluaran linear sekitar 0 ‚Äď 1000.

Sound Sensor

Grove Sound Sensor
Sensor ini memiliki mikrofon sederhana yang dapat mendeteksi suara disekitar dan menghasilkan sinyal analog.

Relay

Grove Smart Relay
Bekerja sebagai gerbang buka-tutup aliran listrik yang terhubung dengan lat elektronik lainnya.

Temperature Sensor

Grove Temperature Sensor
Sensor ini dapat mendeteksi temperature sekitar.

Touch Sensor

Grove Touch Sensor
Bekerja mirip dengan Button hanya kali ini tidak perlu melakukan penekanan cukup menyentuh sekitarnya untuk mendapatkan nilai HIGH.

Light Sensor

Grove Light Sensor
Sensor ini disertai Light Dependent Resistor (LDR) yang mengeluarkan sinyal HIGH saat mendapatkan cahaya terang dan LOW saat tidak keadaan gelap.

Servo

Grove Mini Servo
Merupakan motor DC dengan roda gigi dan system timbal balik yang berguna sebagai mekanisme pergerakan yang memiliki posisi 0 – 180.

LCD RGB

Grove LCD RGB Backlight
Dapat menampilkan huruf maupun angka dengan format 16 kolom dan 2 baris. LCD ini juga dapat menghasilkan warna gabungan RGB pada panelnya.

9v-jack-adapter

9V to Jack Adapter
Dapat digunakan untuk memberikan tenaga untuk Intel Galileo melalui baterai 9V.

Cable

Grove Cable
Digunakan sebagai penghubung antara sensor atau akuator ke Grove Shield.

Selanjutnya: Tutorial Intel Galileo РBagian 2: Perakitan & Koding