Ubuntu Phone OS – Sistem Operasi Ponsel Alternatif Android dari Ubuntu

Ubuntu Phone OS – Sistem Operasi Ponsel Alternatif Android dari Ubuntu

ubuntu-iconSetelah sebelumnya Mozilla mengumumkan sistem operasi mereka untuk ponsel, Firefox OS, kini Ubuntu juga mengumumkan sistem operasi buatan mereka untuk ponsel, Ubuntu Phone OS. Tentunya pembaca sudah mengenal Ubuntu yang merupakan sistem operasi berbasis Linux turunan Debian yang dikembangkan olehCanonical Ltd. Di Indonesia, Ubuntu digemari oleh para pengguna komputer maupun para pengembang aplikasi karena antar muka yang enak digunakan dan juga bersifat open source.

Ubuntu Phone OS sendiri dikembangkan oleh Ubuntu dengan tujuan untuk memberikan pengguna ponsel pengalaman yang mirip dengan Ubuntu versi desktop. Ubuntu Phone OS sudah diumumkan sejak tanggal 2 Januari 2013 lalu di situs resmi Ubuntu. Ubuntu Phones OS menggunakan kernel yang mirip dengan Android sehingga Ubuntu Phone OS dapat diinstal pada smartphone yang sejenis dengan mudah oleh para vendor ponsel.

ubuntu-telefoane
Tampilan Ubuntu Phone OS

Satu hal yang menarik dari Ubuntu Phone OS adalah ponsel yang menggunakan sistem operasi ini akan dapat berubah menjadi mode desktop secara utuh ketika ponselnya terhubung ke docking station. Ketika ponsel terpasang pada perangkat docking station tersebut, pengguna dapat menggunakan semua fitur Ubuntu secara lengkap.

Di Ubuntu Phone OS, pengguna dapat mengakses seluruh sistem cukup dengan menggesekkan jari-jarinya di layar. Ubuntu Phone OS juga memiliki fungsi multitasking untuk mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi yang sebelumnya dijalankan. Untuk demonstrasi dari Ubuntu Phone OS ini agar pembaca dapat melihat dengan jelas apa yang Ubuntu Phone OS tawarkan, pembaca dapat melihat video di bawah ini:

ARVE Error: need id and provider

Bagi para pengembang aplikasi, mengembangkan aplikasi di Ubuntu Phone OS dikabarkan akan cukup mudah karena pengembangan aplikasi di Ubuntu OS dapat menggunakan Qt maupun HTML5 yang sudah cukup dikenal oleh para pengembang aplikasi. Ubuntu pun juga sudah mempersiapkan situs bagi para pengembang aplikasi untuk mencoba membuat aplikasi di Ubuntu Phone OS walaupun saat ini masih belum banyak informasi yang disajikan.

Menurut saya Ubuntu Phone OS ini merupakan sistem operasi yang dapat menjadi alternatif pada ponsel maupun tablet apalagi jika pengguna sudah bosan dengan sistem operasi yang telah ada saat ini. Sayangnya dari informasi yang ada, ponsel yang menggunakan Ubuntu Phone OS ini paling cepat akan dirilis pada tahun 2014 nanti.