Ujang – Game Membuang Sampah yang Dikemas Dengan Menarik

Ujang – Game Membuang Sampah yang Dikemas Dengan Menarik

Salah satu pengembang aplikasi lokal dari Indonesia, Trustudio, membuat aplikasi game menarik yang bernilai sosial dan berjudul sangat Indonesia sekali, Ujang. Aplikasi ini mengisahkan tentang Ujang yang membantu tetangganya untuk membersihkan lingkungan sekitarnya dari sampah dan berwaspada dalam menghindari hewan saat mengumpulkannya. Semua sampah harus dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam tempat sampah.

Dalam aplikasi ini pemain cukup memiringkan ponselnya ke atas, bawah, kanan maupun kiri agar karakter dapat berjalan dan mengambil sampah yang berserakan dan karatker pemain tidak boleh mengenai hewan pengganggu. Grafis yang ditawarkan cukup penuh warna dan enak dipandang serta mendukung semua resolusi ponsel. Selain itu juga pengguna dapat melihat skor di leaderboards untuk bersaing dengan pemain lain di Internet.

Di awal permainan, pengguna akan disuguhkan menu pemilihan level yang mirip dengan game-game kasual semacam Angry Birds. Semakin levelnya naik, semakin sulit musuh dan tempat yang akan dihadapi. Selain memberikan nilai sosial dalam membersihkan sampah sekitar daerah lingkungan, aplikasi ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian dari penggunanya.

Tampilan Aplikasi Game Ujang
ARVE Error: need id and provider

Menurut saya game ini cukup menarik untuk dimainkan dan dapat membantu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Akan tetapi, kekurangan game ini adalah harus dijalankan menggunakan Adobe Air sehingga untuk Android versi 3 kebawah tidak dapat menjalankan game ini. Apabila pembaca tertarik ingin memainkan aplikasi ini dapat mengunduhnya di Google Play