Ulang Tahun Ke-10, Twitter Kenang Momen Berharga Penggunanya

Ulang Tahun Ke-10, Twitter Kenang Momen Berharga Penggunanya

Twitter logo bird

Hari ini secara resmi Twitter merayakan Ulang Tahun yang ke-10 di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Twitter membagikan berbagai momen selama 10 tahun terakhir yang terjadi di Twitter kawasan Indonesia dan juga terdapat talkshow dengan beberapa pejabat di Indonesia.

Diawali dengan kilas balik mengenai perjalanan Twitter pada tanggal 21 Maret 2006 yang dimulai dengan tweet perdana dari CEO dan Pendiri Twitter, Jack Dorsey. Dalam tweet yang dibuatnya terdapat kata “just setting up my twttr”.

Sejak saat itu, orang di seluruh penjuru dunia saling terhubung dengan berbagai hal yang menarik minat dalam momen mereka dalam kehidupan sehari-hari pada jejaring sosial Twitter. Selain itu, banyak momen bersejarah di dunia yang telah dibagikan di Twitter.

Sementara di Indonesia, Twitter telah menjadi bagian dari aktivitas dan interaksi masyarakat sehari-hari. Mulai dari kisah gerakan pengumpulan #KoinUntukPrita bagi Prita Mulyasari di tahun 2009, gerakan #DemiMetallica yang muncul dari penggemarnya yang melakukan jual beli barang pribadi demi dapat membeli tiket konser mereka, hingga yang baru-baru ini terjadi mengenai bagaiman masyarakan Indonesia berbagi momen detik-detik terjadinya Gerhana Matahari Total #GMT2016 dengan lebih dari 500.000 tweet di timeline Twitter.

Ultah Twitter 2 pejabat

Selanjutnya, Soleh Solihun (Stand-up Comedian Indonesia), Ganjar Pranomo (Gubernur Jawa Tengah), dan Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama Republik Indonesia) berada di atas panggung untuk berbagi pengalamannya ketika menggunakan Twitter.

Setelah perbincangan selesai, Ganjar Pranomo (Gubernur Jawa Tengah) dan Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama Republik Indonesia) menyampaikan pesannya kepada pengguna Twitter di Indonesia agar selalu bijak serta memiliki tanggung jawab ketika melakukan tweet. Selain itu, sebaiknya pengguna Twitter menggunakan identitas asli agar tweet yang dilakukannya kelak dapat dipertanggungjawabakan.

Roy Simangunsong selaku Country Business Head, Twitter Indonesia mengatakan bahwa “Satu dekade sudah Twitter menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia untuk saling berbagi keseruan, momen, serta informasi yang menghubungkan semua pengguna kami di negara ini. Kami tidak akan menjadi seperti saat ini tanpa mereka”.

Twitter Banyak

“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan. Kepercayaan para pengguna menjadi penyemangat bagi Twitter untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia kemarin, hari ini, hingga 10 tahun yang akan datang, tambah Roy Simangunsong”.

Tepat di ulang tahun ke-10 ini Twitter telah menjadi jejaring sosial yang memiliki pengguna sekitar 332 juta orang per bulan dan 500 juta tweet per hari. Tentu saja, Twitter masih menjadi salah satu jejaring sosial besar yang memiliki jumlah pengguna hingga saat ini.