[Ilustrasi Oleh Pixabay]
Di ajang MWC (Mobile World Congress) Barcelona 2019, Microsoft baru saja mengenalkan perangkat Augmented Reality terbarunya, yakni Hololens 2, setelah empat tahun berlalu dari pengumuman versi pertamanya.
Yang cukup menarik, piranti kepala buatan Microsoft tersebut disebut bakal didukung oleh banyak teknologi, yang mana salah satunya adalah engine game ternama, Unreal Engine 4.
Secara khusus, bahkan Tim Sweeney selaku CEO dari Epic Games, perusahaan yang mengembangkan sekaligus menerbitkan Unreal Engine 4, pun turut hadir di debut pertama Hololens 2 tersebut.
Di hadapan para penonton dalam event tahunan ini, Eksekutif yang berada di balik pengembangan Fortnite tersebut cukup terkesan dengan masa depan teknologi Augmented Reality, baik di sisi pengembangan maupun produk untuk konsumen.
Secara gamblang, Tim Sweeney bahkan mengungkapkan keyakinannya bahwa teknologi Augmented Reality bakal menjadi platform utama dari masa depan, baik di bidang pekerjaan atau hiburan.
Oleh karena itu, untuk berkontribusi dalam bidang pengembangan di teknologi yang masih cukup muda ini, Tim Sweeney mengumumkan bahwa perusahaannya akan membawa dukungan Unreal Engine 4 ke dalam platform pengembangan dari Hololens 2.
Bagi perusahaan Microsoft, langkah ini tentunya akan menjadi bagian dari rencana besarnya dalam membuka sistem, guna menumbuhkan kunci pengembangnya di dunia realitas campuran ini.
Sementara itu, bagi Epic Games, langkah ini merupakan langkah yang diperlukan untuk merangkul solusi dan semua hal yang berkaitan dengan teknologi Augmented Reality yang dimiliki oleh Microsoft.
Sayangnya, masih cukup awal untuk membicarakan bagaimana dukungan Unreal Engine 4 ke dalam platform Hololens 2 ini akan dilakukan. Microsoft maupun Epic Games bahkan belum mampu menyebutkan bagaimana detail mengenai dukungan ini.
Hal ini pun diakui oleh Tim Sweeney. Dalam keterangan yang disampaikannya, beliau bahkan belum bisa mengumumkan segala jenis penawaran Augmented Reality yang akan hadir bagi para konsumen di perangkat Hololens.
Tim Sweeney hanya menambahkan bahwa perusahaannya kini sedang berupaya untuk melakukan hal tersebut, guna membawa dukungan Unreal Engine 4 ke Hololens 2. Perusahaannya bahkan akan melakukan semua hal yang bisa diupayakan.
[Sumber: Techcrunch]