Untuk Jual Beli Lebih Mudah, Facebook Merilis Fitur Marketplace

Untuk Jual Beli Lebih Mudah, Facebook Merilis Fitur Marketplace

facebook-marketplace-banner

[Sumber: Flickr]

Untuk pertama kalinya, Marketplace akan segera tersedia bagi pengguna Facebook di Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, dan Selandia Baru. Facebook sedang berupaya untuk menyebarkan layanan baru tersebut tersebut untuk membantu penggunannya untuk menjual atau membeli sesuatu di komunitas lokalnya.

Sebenarnya, Marketplace merupakan sebuah ekstensi yang dimiliki oleh fitur For Sale Group Facebook, yang notabene telah digunakan oleh 450 juta orang setiap bulannya. Marketplace merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk mencari berbagai macam barang jualan di sekitarnya. Barang-barang yang dijual pun tidak terbatas, termasuk di dalamnya pengguna dapat menemukan berbagai macam furniture, buku, atau perangkat elektonik.

Fitur ini akan tersedia pada aplikasi Facebook untuk Android dan iOS. Pengguna dapat mengakses Marketplace melalui ikon toko kecil yang terletak di bagian bawah aplikasi. Di dalam layanan ini, pengguna dapat melihat foto-foto dari berbagai macam barang yang dijual oleh orang di sekitarnya. Pengguna juga dapat mencari barang dengan menggunakan kata kunci tertentu atau mencarinya berdasarkan kategori.

Nampaknya kurang afdal jika sebuah layanan jual beli tidak dilengkapi dengan sistem tawar menawar. Melalui aplikasi Facebook, pengguna juga dapat mengirimkan pesan kepada penjual untuk menawar harga.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa Facebook tidak akan terlibat dalam transaksi yang akan berlangsung. Pengguna dapat melakukan pembayaran secara cash, transfer antar bank, atau memanfaatkan pembayaran digital lainnya.

Fitur ini akan segera tersedia untuk negara-negara yang telah disebutkan sebelumnya beberapa hari mendatang. Dan fitur ini juga dapat menjadi salah satu fitur yang tersedia pada aplikasi desktop pada beberapa bulan mendatang.

 

[Via Venturebeat]