Tangguhnya Visual Studio untuk Pengembangan Aplikasi Desktop, Mobile, dan Web

Tangguhnya Visual Studio untuk Pengembangan Aplikasi Desktop, Mobile, dan Web

visual studio

Bagi pengembang aplikasi yang menggunakan teknologi Microsoft pastinya sudah sering menggunakan Microsoft Visual Studio dalam mengembangkan aplikasinya. Tampilan dari Visual Studio ini terbilang mengusung desain yang sudah diseragamkan dengan perangkat lunak Microsoft lainnya, dan cukup mudah dimengerti oleh pengembang aplikasi pemula sekalipun.

Visual Studio ini dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, personal, maupun komponen aplikasinya. Hasil dari Visual Studio ini dapat berupa aplikasi desktop berbasis WPF (Windows Presentation Foundation), aplikasi Windows 8, aplikasi Windows Phone 8, ataupun aplikasi web berbasis ASP.Net.

Dalam hal dukungan terhadap bahasa untuk pengembang aplikasi, Visual Studio ini telah mendukung C++, C#, F#, VB.Net, JavaScript, CSS, dan HTML. Selain itu, dengan bisa ditambahkannya extension pada perangkat pengembangan aplikasi ini maka dapat mendukung PHP, Python, dan masih banyak lagi. Apabila pembaca membutuhkan dukungan lebih lengkap terhadap JavaScript, CSS, dan HTML ini dapat menambahkan extension mengenai “web essential”.

Dalam merepresentasikan tampilan antarmuka pada aplikasi yang diciptakan menggunakan Visual Studio seperti pengaturan, bentuk, teks, tombol, dan konten lain yang ditampilkan di layar ini pengembang aplikasi dapat menggunakan XAML (“Extensible Application Markup Language”).

Cara yang disajikan oleh XAML ini mirip dengan HTML dalam hal penulisannya, menentukan elemen mana yang akan ditampilkan, dan menentukan tata letak elemen-elemen didalamnya. XAML ini sendiri mendukung pengembangan aplikasi Windows 8, Windows Phone 8, dan WPF.

Visual Studio ini terbagi dalam beberapa edisi yang terdiri dari Express, Professional, dan Ultimate. Untuk Visual Studio Express ini bisa didapatkan secara gratis, namun tidak dapat ditambahkan extension. Sedangkan Visual Studio Professional, dan Ultimate terdiri dari versi uji coba yang harus dibeli ketika masa uji coba sudah habis. Dalam kedua edisi Visual Studio ini lebih lengkap, dan dapat ditambahkan extension dibandingkan Express.

Untuk saat ini Visual Studio telah memasuki versi 2013 dengan update 3 yang telah mendukung teknologi universal dalam pembuatan aplikasi Windows 8.1, dan Windows Phone 8.1 sekaligus sehingga memungkinkan pengerjaan lebih cepat.

Sebagai tambahan, untuk mengembangkan aplikasi, dan menjalankan emulator dari Windows Phone 8.1 di komputer, pembaca harus menjalankan teknologi virtualisasi dari Microsoft, Hyper-V, yang terdapat pada sistem operasi Windows 8 ke atas. Selain itu, Microsoft sebentar lagi akan merilis versi terbarunya yaitu Visual Studio 14 yang akan membawa beberapa fitur tambahan yang lebih baru, dan tentunya cukup membantu pengembang aplikasi.

visual studio aplikasi